Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

MotoGP 2020 Jadi Musim Terburuk Valentino Rossi Sepanjang Karier

JAKARTA, KOMPAS.com - MotoGP 2020 digelar di tengah pandemi, di mana sangat berisiko bagi pebalap untuk terinfeksi dan absen dari balapan. Belum lama ini, Valentino Rossi pun terkena dampaknya.

"Saya sangat kecewa bahwa saya akan melewatkan balapan di Aragon. Saya ingin optimistis dan percaya diri, tetapi saya menduga balapan kedua di Aragon juga akan terlewatkan," ujar Rossi dalam keterangan resminya.

Rossi menambahkan, dirinya sedih dan marah karena sudah mengikuti protokol kesehatan seketat mungkin. Namun, tak ada lagi yang bisa diperbuat untuk mengubah situasi.

"Saya sekarang akan mengikuti saran medis dan saya hanya berharap saya akan membaik sesegera mungkin," kata Rossi.

Musim ini, Rossi sudah empat kali gagal raih poin. Pertama, saat mengalami masalah teknis di MotoGP Jerez. Selanjutnya, Rossi terjatuh berturut-turut di MotoGP Emilia Romagna, MotoGP Catalunya, dan MotoGP Le Mans.

Ditambah lagi, MotoGP Aragon akhir pekan ini dan MotoGP Teruel pada pekan berikutnya. Sebab, Rossi masih terinfeksi virus corona dan harus melakukan isolasi mandiri hingga dua minggu.

MotoGP 2020 hanya digelar 14 seri dan pebalap bernomor start 46 itu sudah gagal finis empat kali, dan dipastikan juga akan absen hingga enam seri.

Jika Rossi diizinkan kembali balapan di Valencia maka hanya akan tersisa tiga seri lagi untuk mengumpulkan poin. Sementara itu, peringkatnya saat ini di klasemen sementara sudah berada di urutan ke-13 dengan 58 poin.

Peraihannya musim ini jauh lebih buruk dibandingkan saat dirinya terpuruk di Ducati. Saat masih di Ducati, Rossi tiga kali jatuh berturut-turut di musim pertamanya, tetapi masih bisa menyelesaikan musim di peringkat ketujuh.

Lalu musim berikutnya, dia hanya jatuh sekali. Namun, dia berhasil naik podium dua kali di urutan kedua dan menyelesaikan musim di peringkat keenam.

Musim 2019 juga sebenarnya cukup buruk bagi Rossi. Dengan empat kali gagal finis, pebalap berusia 41 tahun tersebut hanya sanggup menyelesaikan musim di peringkat ketujuh.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/10/16/090200615/motogp-2020-jadi-musim-terburuk-valentino-rossi-sepanjang-karier

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke