Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Penyebab Mobil Tiba-tiba Mogok dan Aki Tak Berfungsi

Kejadian ini pun kadang membuat bertanya-tanya mengenai penyebabnya, mengingat saat awal digunakan tidak ada gejala aki tekor atau semacamnya.

Lebih parahnya, mobil sama sekali tidak mau dinyalakan sehingga harus didorong ke bengkel atau memanggil towing untuk mengangkutnya.

Jika ditelusuri, ada beberapa kemungkinan yang bisa menjadi penyebab aki mobil tiba-tiba tidak mau mengisi, yang paling sering terjadi adalah permasalahan pada bagian alternator atau dinamo amperenya.

Dealer Technical Support Dept Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi menjelaskan, jika mengalami kejadian tersebut yakni aki tidak mau mengisi permasalahannya ada pada alternatornya.

“Kalau itu artinya alternatornya bermasalah, karena tidak dapat mensuplai tegangan listrik maupun mengisi aki,” kata Didi kepada Kompas.com, Sabtu (19/9/2020).

Didi melanjutkan, jika komponen alternator yang bermasalah meskipun mobil sudah menggunakan aki baru tetap saja tidak akan awet.

Hal ini disebabkan karena alternator tidak mampu menyuplai listrik ke akumulator yang menyebabkannya tidak terisi sehingga mudah soak.

“Kalau alternator bermasalah, aki baru itu tidak akan lama aki bisa soak. Ini karena aki tidak dapat dicharge,” ucapnya.

Tetapi, jika hal ini terjadi Didi menambahkan, harusnya indikator bergambar aki berwarna merah yang ada di dashboard akan menyala.

Sehingga, pengemudi kendaraan bisa langsung mengetahui bagaimana kondisi pengisian maupun akumulatornya.

“Kalau alternator bermasalah biasanya indikator gambar aki akan menyala merah atau indikator mesin menyala, karena ECU (electronic control unit) mendeteksi tegangan listriknya,” tuturnya.

Tetapi, untuk memastikan kondisi komponen pada kendaraan sebaiknya dilakukan pemeriksaan ke bengkel langganan atau bengkel resmi yang ada.

Dengan begitu penyakit atau permasalahan pada mobil bisa diketahui secara pasti dan penanganan untuk kerusakan yang terjadi bisa lebih tepat.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/09/19/124600015/penyebab-mobil-tiba-tiba-mogok-dan-aki-tak-berfungsi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke