Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ini Salah Satu Penyebab Kecelakaan di Tol Cipali

JAKARTA, KOMPAS.com – Ruas Tol Cipali sering menjadi lokasi terjadinya kecelakaan. Mulai dari kecelakaan yang melibatkan kendaraan kecil, sampai yang berukuan besar seperti truk dan bus.

Kecelakaan yang terjadi pun biasanya berupa kecelakaan berat bahkan sampai membuat korban meninggal dunia. Salah satu penyebab kecelakaan di Tol Cipali yaitu pengemudi yang mengalami penurunan kewaspadaan.

Senior Investigator Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), Ahmad Wildan mengatakan, waktu reaksi manusia normal berkisar satu sampai lima detik, jika pengemudi mengalami penurunan kewaspadaan, waktu reaksinya akan meningkat dan bisa berbahaya.

“Faktor yang bisa mengganggu waktu reaksi ini yaitu fatigue atau kelelahan. Pengemudi yang kelelahan akan memiliki waktu reaksi yang jauh lebih tinggi dibandingkan manusia normal,” kata Ahmad kepada Kompas.com, belum lama ini.

Ahmad mengatakan, Tol Cipali memiliki kondisi jalan yang cenderung lurus dan nyaman, sehingga akan membuat pengemudi terlena. Apalagi ditambah tubuh yang kelelahan, kewaspadaan pengemudi makin berkurang.

Ada dua cara untuk mengurangi faktor kelelahan saat mengemudi di Tol Cipali yaitu memperbaiki rest area dan memanfaatkan tepian jalan tol agar menciptakan situasi yang tidak membosankan saat mengemudi di jalan tol yang monoton.

“Memperbaiki rest area bisa dilakukan dengan menambah jumlahnya dan meningkatkan kualitasnya. Buat rest area semenarik mungkin sehingga pengemudi mau masuk,” ucap Ahmad.

Ahmad menambahkan, hal hal yang menjadi daya tarik pengemudi untuk ke rest area yang pertama kapasitas, kemudian fasilitas dan terakhir adalah daya tarik hiburan. Selain memperbaiki rest area, tepian jalan tol juga bisa dimanfaatkan untuk merusak kejenuhan.

“Variasi samping pada jalan tol seperti pepohonan yang berbeda warna ataupun jenis akan dapat mengalihkan pandangan sementara (scanning) pengemudi sehingga tidak jenuh dan monoton,” kata dia.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/09/08/184200315/ini-salah-satu-penyebab-kecelakaan-di-tol-cipali

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke