Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Toyota Innova Disulap Jadi Ambulans

JAKARTA, KOMPAS.com – Menggandeng supply chain dan afiliasinya, PT. Toyota-Astra Motor (TAM) dan PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), ikut serta memerangi pandemi Covid-19 dengan menyerahkan beberapa bantuan kepada Palang Merah Indonesia dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Bentuk banguan yang diberikan cukup beragam. Mulai dari kebutuhan pokok rumah tangga, perlengkapan bagi tenaga medis, sampai berbagai keahlian Toyota Production System (TPS).

Susumu Matsuda, President Director PT TAM, mengatakan adanya bantuan ini merupakan wujud simpati Toyota bagi semua pihak yang terkan dampak Covid-19. Hal ini juga sekaligus apresiasi bagi para petugas kesehatan dan pemerintah yang berada di garis depan dalam penanggulangannya.

"Kami menyadari, kebutuhan untuk memerangi pandemi ini sangat besar dan Toyota Indonesia akan terus berupaya memberikan berbagai kontribusi melalui program #ToyotaAdaUntukAnda. Kami berharap, donasi dari Toyota Indonesia ini dapat mendukung sarana dan prasana dalam percepatan penanganan wabah COVID-19," kata Matsuda dalam keterangan resminya, Kamis (14/5/2020).

Toyota Indonesia mendonasikan sebanyak lima unit Kijang Innova Ambulans. Adapun mobil yang diberikan merupkan olah konversi yang dilakukan salah satu supply chain Toyota guna mendukung mobilitas para tenaga medis.

Berkolaborasi dengan PT. Serasi Autoraya (SERA), Toyota juga menyediakan 68 unit mobil untuk menunjang mobilitas tenaga medis Covid-19 di 15 kota besar di Indonesia. Sebanyak 105.000 Alat Pelindung Diri (APD) juga ikut disumbang bagi PMI dan Kemenkes yang merupakan hasil kolaborasi Toyota dengan supply chain dalam naungan Toyota Manufacturers Club, Toyota Equipment & Facility Club, dan Toyota Logistic Community.

President Director PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia Warih Andang Tjahjono mengatakan, sebagai bagian bangsa Indonesia, Toyota terpangil turut serta dalam upaya penanggulangan Covid-19.

Selain bantuan langsung, Toyota juga berbagi pengetahuan dan pengalaman di bidang manufaktur, supply chain, manajemen persediaan hingga penanganan logistik kepada berbagai pihak yang membutuhkan

"Kami berharap dukungan ini dapat memberikan nilai tambah serta efisiensi di berbagai sektor terutama bagi pihak-pihak yang berhadapan langsung dengan pandemi Covid-19," kata Warih.

Sebelumnya Toyota Indonesia telah melakukan beberapa kontribusi untuk mendukung penanggulangan wabah Covid-19. Mulai dari bantuan bahan pokok dan kebutuhan menjaga kebersihan diri bagi masyarakat sekitar di area kerja, 1.000 APD ke beberapa rumah sakit dan puskesmas, hingga menyiapkan lima unit Dyna untuk disinfektan bagi PMI, dan lainnya.

Beberapa supply chain Toyota saat ini juga terlibat dalam pengembangan berbagai APD. Harapannya, keterlibatan pemasok lokal Toyota akan dapat mempercepat dan memperbanyak produksi APD di dalam negeri sehingga dapat mendukung upaya melawan COVID-19 di Indonesia.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/05/15/123100715/toyota-innova-disulap-jadi-ambulans

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke