Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mitos atau Fakta, Oli Gardan Mobil Bagus untuk Melumasi Rantai Motor?

SOLO, KOMPAS.com - Merawat rantai sepeda motor perlu dilakukan, untuk menjaga agar komponen penyalur tenaga dari mesin ke roda itu tetap awet dan prima.

Terlebih dengan adanya penerapan bekerja dari rumah atau work from home (WFH) ini tentunya mempunyai banyak waktu di rumah.

Selain melakukan penyetelan secara berkala, melumasi rantai juga menjadi salah satu cara untuk menjaga rantai agar bergerak dengan lancar.

Selama ini mungkin banyak pemilik motor yang tidak menyadari bahwa tali cincin yang terbuat dari logam itu tidak boleh dibiarkan kering.

Jika hal itu terjadi, maka rantai bisa berkarat sehingga membuat perputarannya menjadi tidak lancar.

Kondisi ini jika dibiarkan, maka lama-kelamaan rantai akan rusak saat digunakan seperti putus atau terlepas dari mata girnya.

Untuk itu, pelumasan pada komponen ini juga harus rutin dilakukan terlebih setelah motor digunakan dalam kondisi hujan.

Air hujan yang mengandung garam bisa membuat rantai menjadi kering dan berkarat.

Sekarang ini cairan pelumas rantai banyak tersedia di pasaran, setiap merek menawarkan kelebihannya masing-masing.

Hanya saja ada beberapa pemilik kuda besi yang justru memilih menggunakan oli gardan mobil sebagai pelumas rantai kuda besi kesayangannya.

Benarkan oli gardan mobil ini bagus untuk melumasi rantai motor? Pemilik bengkel Naranata Motor, di Solo, Joko mengatakan, bahwa oli gardan cukup bagus untuk melumasi rantai.

Oli ini berbeda dengan oli bekas yang masih banyak digunakan untuk melumasi bagian tali cincin logam tersebut.

“Berbeda kalau dengan oli bekas, ini cukup bagus untuk melumasi rantai tidak mudah kering seperti pelumas rantai lainnya,” katanya kepada Kompas.com, Senin (6/4/2020).

Dengan kekentalannya, lanjut Joko, oli gardan mobil ini cukup bagus untuk menjaga rantai untuk tetap berputar dengan lancar.

“Kalau mau pakai yang lain bisa juga pakai oli hidrolik atau juga pakai oli untuk mesin jahit, itu lebih bagus lagi,” ucapnya.

Meskipun menggunakan pelumas untuk rantai, Joko mengatakan, tidak akan membuat kotoran menempel seperti saat menggunakan pelumas bekas.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/04/07/112200915/mitos-atau-fakta-oli-gardan-mobil-bagus-untuk-melumasi-rantai-motor-

Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.