Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Imbas Virus Corona, Kru Bus AKAP Bakal Terima BLT

JAKARTA, KOMPAS.com - Debat panjang soal penghentian sementara bus Antarkota Antar Provinsi (AKAP) di tengah pandemi virus corona atau Covid-19, akhirnya menemui titik terang.

Ketua Umum Ikatan Pengusaha Otobus Muda Indonesia (IPOMI) Kurnia Lesani Adnan mengatakan, pemerintah melalui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tengah menyiapkan bantuan langsung tunai (BLT) kepada Perusahaan Otobus (PO) yang terdampak.

"Pemerintah sudah mulai minta data pekerja yang terkait, dalam hal ini pengemudi dan kru bus yang tujuannya untuk BLT," ujar pria yang akrab disapa Sani saat dihubungi Kompas.com, Rabu (1/4/2020).

"Meski teknisnya belum ditentukan, tapi setidaknya ini jadi angin segar karena sudah meresepons permintaan kami," kata dia.

Menurut Sani, sejak pekan lalu Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Organda memang sudah melakukan inisiatif mengumpulkan data kru dari PO dengan tujuan tersebut. Sebagai besar sudah mulai masuk, dan sebagian lagi masih berproses.

Sementara ketika ditanya soal besaran BLT yang akan diberikan, Sani mengatakan nominalnya belum diketahui karena memang turunan teknisnya belum ditentukan.

"Kami belum tahu, tapi sebenarnya paling tidak dari BLT nantinya bisa untuk menyambung kehidupan, terutama bagi keluarga kru yang ada di rumah bisa memenuhi kebutuhan dasar lebih dulu," kata Sani.

Ketika ditanya informasi apakah pemerintah akan benar-benar menghentikan sementara operasional bus AKAP nantinya, Sani juga belum bisa berkomentar karena sampai saat ini statusnya masih menunggu keputusan.

"Untuk Lebaran nanti seperti apa, kami belum tahu, tapi saat ini kami masih berjalan seperti biasa. Terkait dengan adanya Peraturan Pemerintah (PP) soal mudik yang sedang disusun, harusnya hal tersebut sudah dilakukan dari awal," ujar Sani.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/04/02/084200215/imbas-virus-corona-kru-bus-akap-bakal-terima-blt-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke