Salin Artikel

Ini Arti Emblem RS di Mobil Honda, Banyak yang Kecele

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagian pemilik mobil Honda mungkin sudah akrab dengan emblem atau logo RS di yang di beberapa varian. Namun, apakah sudah ada yang tahu arti dan maksud dari logo tersebut?

Logo RS memang tak dimiliki pada semua model Honda. Untuk di Indonesia, RS hanya disematkan pada empat model, yakni Brio, Jazz, Mobilio, dan Civic Hatchback, yang baru saja meluncur pada awal Februari 2020.

Secara ciri, model yang mengusung emblem RS memang memiliki tongkrongan lebih sporty dari model biasanya. Hal ini dikarenakan ada beberapa penambahan aksesori khusus yang disematkan Honda.

Namun, jangan salah arti, RS bukan kependekan dari Racing Sport, apalagi Rumah Sakit, yang selama ini banyak dikira orang. RS adalah singkatan dari Road Sailing, yang hingga saat ini telah menjadi Global Sporty Icon di jajaran produk Honda.

"RS itu Road Sailing, di Honda memang untuk karakteristik sport ada beberapa, sementara untuk RS ditekankan pada konsep everyday sport. Jadi tampilannya dibuat lebih sporty," ujar Business Innovation and Sales & Marketing PT Honda Prospect Motor (HPM) Yusak Billy kepada media di Jakarta, Rabu (19/2/2020).

Honda sendiri pada dasarnya memiliki dua alur sport di beberapa jajaran produknya, mulai dari luxury sport dan pure sport.

Untuk luxury sport lebih ke Acura yang memang menjadi brand mewah Honda di beberapa negara dengan emblem khusus, yakni Type-S, seperti NSX Type-S, CL Type-S, dan lainnya.

Manager Public Relations PT HPM Yulian Karfili menjelaskan, pada dasarnya semua produk Honda mengarah ke sport karena mengusung DNA racing. Namun, dari itu semua, dibagi lagi menjadi beberapa tingkatan.

"Contoh untuk Honda paling atas kami lebel dengan Type R, model ini arahnya ke pure sport dengan tunning dan spesifikasi khusus pada sisi mesin. Lalu ada juga SI (Sport Injected), dan satu lagi itu RS yang lebih ke everyday sport," ujar Yulian.

Untuk Honda RS atau Road Sailing, menurut Yulian, bisa diibaratkan sebuah mobil harian yang tak hanya punya tampilan agresif, tetapi juga memiliki karakter fun to drive, yang memberikan kesimbangan utilitas sehari-hari dan tampilan sporty.

Sementara untuk SI lebih ke all-round sport dengan tingkatan lebih tinggi dari RS karena memiliki karakter performa lebih agresif. Sedangkan Type R menempati strata paling atas yang memang dirancang secara khusus untuk menghadirkan sebuah mobil balap, tetapi masih tetap digunakan di jalan raya.

Yulian mengatakan, secara global, RS pertama kali dikenalkan pada Civic generasi pertama. Mobil ini menjadi model pertama yang menyandang logo RS dan dijadikan sebagai unit terbatas yang hanya dijual sebanyak 20.000 unit antara 1974 sampai 1975.

"Setelah itu dikembangkan lagi, makin banyak varian Honda yang menggunakan emblem RS, contohnya HR-V dan City. Untuk di Indonesia sendiri varian RS itu pertama kali dikenalkan pada Honda Jazz di 2008, lalu ke Mobilio pada 2014, dan Brio di 2016, lalu sekarang Civic Hatchback RS di 2020 ini," kata Yulian.

RS menjadi jembatan yang membedakan dengan varian lain di dalam suatu model. Yulian mengatakan, hal ini lebih untuk mengikuti karakteristik dari setiap konsumen karena masing-masing memiliki selera yang berbeda.

Contoh pada konsumen Brio yang menginginkan karakter mobilnya lebih sporty, begitu juga untuk Mobilio. Meski rata-rata arahnya ke konsumen keluarga, tetapi ada kebutuhan yang menginginkan mobil tersebut memiliki karakter lebih.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/02/20/125417715/ini-arti-emblem-rs-di-mobil-honda-banyak-yang-kecele

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.