Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Merapi Erupsi Lagi, Begini Cara Membersihkan Abu Vulkanik pada Mobil

JAKARTA, KOMPAS.com - Gunung Merapi di Provinsi Yogyakarta kembali erupsi, Kamis (13/2/2020) pukul 05:16 WIB. Berdasarkan laporan petugas, kolom erupsi sempat mencapai 2.000 meter yang menyebabkan hujan abu tipis hingga radius 10 kilometer.

Meski Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta menetapkan status Gunung Merapi pada level II atau Waspada, disebut bahwa erupsi ini skalanya kecil.

"Ini erupsi gas kecil, jadi tidak perlu dikhawatirkan karena dari data-data yang ada tidak ada data yang mengalami kenaikan signifikan," kata Kepala BPPTKG Yogyakarta Hanik Humaida saat dihubungi, Kamis.

Namun, bagaimana cara membersihkan kendaraan khususnya mobil jika terkena paparan abu vulkanik?

Christopher Sebastian, CEO Makko Group, distributor beberapa peroduk perawatan mobil, menyatakan, ada beberapa cara membersihkan mobil dari lapisan abu berpartikel tajam ini.

Pertama, segera cuci kendaraan dengan air bersih. Membasuh seluruh bodi dilakukan karena abu vulkanik terbentuk dari material batu kecil, mineral, dan debu vulkanik. Jadi sangat berbahaya bagi permukaan mobil, mesin, maupun kaca.

"Tekanan airnya pakai yang cukup kencang supaya debu vulkanik luruh dan terlepas dari permukaan kaca. Semprot di seluruh mobil mulai dari bagian atas sampai bawah. Lakukan dengan seksama sampai debu tidak terlihat lagi menempel di permukaan," kata Christopher saat dihubungi Kompas.com, beberapa waktu lalu.

"Lalu kemudian lap dengan kain microfiber yang khusus digunakan untuk bodi kendaraan. Tidak harus baru, asalkan bersih. Kemudian lakukan gerakan satu arah, jangan memutar," lanjutnya.

Pasalnya, abu vulkanik tidak seperti debu pada umumnya, lebih tajam. Jadi, semakin banyak putaran yang dilakukan maka akan meninggalkan banyak goresan halus berbentuk lingkaran di bodi mobil.

Pastikan juga pembersihan dilakukan di area tertutup supaya debu tidak kembali menempel. Jika kendaraan terpaksa harus segera digunakan, bilas dahulu sampai benar-benar kering.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/02/14/094200415/merapi-erupsi-lagi-begini-cara-membersihkan-abu-vulkanik-pada-mobil

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke