Salin Artikel

Tips Sederhana Memilih Helm yang Benar

Jakarta, KOMPAS.com - Helm memiliki peran penting dalam hal keselamatan berkendara, terutama buat pengemudi sepeda motor. Pelindung itu berfungsi melindungi kepala dari benturan, ketika terjadi kecelakaan lalu lintas.

Oleh sebab itu, dalam memilih helm tidak boleh sembarangan. Misal, ukuran jangan terlalu kecil atau kebesaran, nanti ketika dipakai akan memberikan efek kurang nyaman buat pengendara.

Lantas, bagaimana cara memilih helm yang tepat? Brand Ambassador Cargloss Group Erick Saputra menjelaskan, paling mudah ukur menggunakan kedua jari yang diposisikan horizontal.

"Ukuran yang pas, dua jari itu masuk antara celah helm dengan muka. Tidak boleh kurang dan tidak boleh lebih juga," ujar Erick akhir pekan lalu di kawasan Jakarta Selatan.

Erick menambahkan, jika terlalu kecil maka akan berbahaya buat pengguna, begitu juga kalau kebesaran. Faktor utama untuk keselamatan dan keamanan pengemudi motor.

"Kalau terjadi kecelakaan, kalau terlalu kecil juga bahaya buat kepala, dan kalau terlalu besar juga bahaya. Kalau terlalu besar, kepala bergerak ke kiri atau kanan helmnya tetap dalam posisi lurus, itu yang tidak boleh," kata dia.

Nah, jadi buat Anda yang berencana membeli helm tidak ada salahnya mencoba tips yang disampaikan oleh Erick. Apalagi cukup mudah hanya memposisikan kedua jari kiri atau kanan secara horizintal antara celah helm dalam dengan muka.

https://otomotif.kompas.com/read/2018/04/02/110240415/tips-sederhana-memilih-helm-yang-benar

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.