Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ambisi Mercy Bawa Sedan "Hybrid" ke Indonesia

Kompas.com - 10/07/2017, 09:02 WIB
Stanly Ravel

Penulis

Jakarta, kompasOtomotif- Selain sedan bengis Mercedes AMG GT R, Mercedes-Benz Indonesia (MBI) juga punya ambisi lain, mendatangkan sedan berteknologi hibrida dalam ajang Gaikindo Indonesia International Motor Show (GIIAS) 2017. Meski masih berstatus konsep, sedan tersebut bukan sekadar jadi pajangan, melainkan bisa langsung dirasakan pengunjung.

Deputy Director Marketing Communication MBI Hari Arifianto, menjelaskan, kedua sedan hibrida yang akan datang pada Agustus nanti merupakan model yang cukup familiar, yakni E-Class dan C-Class.

Baca: Mercy Segera Bawa "Setan Hijau" ke Indonesia

"Dua modelnya C-Class dan E-Class Hybrid, tapi nanti mobil ini bukan seperti mobil konsep merek lain yang hanya dipajang. Kita berikan kesempatan konsumen untuk langsung merasakan sensasi di balik kemudinya, artinya akan kita sediakan unit test drive untuk C-Class Hybrid langsung di sana," kata Hari kepada KompasOtomotif di Jakarta, Kamis (6/7/2017).

Menurut Hari, yang mendasari Mercy akhirnya membawa kendaraan hibrida ke Indonesia adalah karena untuk lebih mengenalkan ke masyarakat. Selama ini konsumen sudah tahu Mercy punya produk hibrida namun mereka belum pernah merasakannya.

E-Class 300 AMGStanly/KompasOtomotif E-Class 300 AMG
Baca : Mercy E-Class Kupe Datang dalam Versi CBU

"Baru kita kenalkan, untuk jualan nanti dulu. Kita mulai mengenalkan teknologi hibrida, tapi lebih dari itu tujuan kami adalah untuk menerangkan bahwa teknologi hibrida itu bukan merupakan teknologi masa depan atau mendatang, melainkan saat ini, termasuk untuk kendaraan listrik," ucap Hari.

Hari mengharapkan dengan kedua produk hibridanya ini, pemerintah juga bisa melihat bahwa kemajuan dari sebuah teknologi otomotif sudah tidak bisa dibendung. Kenyataan ini ditunjang dengan fakta bahwa kendaraan hibrida juga memberikan kontribusi dalam hal penjualan di beberapa negara tetangga, seperti Vietnam, Malaysia, dan Singapura.

Sepertinya, ambisi Mercy memboyong sedan hibrida ini sejalan dengan rencana pemerintah menelurkan regulasi baru, Low Carbon Emmision Program (LCEP). Dalam regulasi itu, salah satu model yang bakal dapat insentif keringanan pajak adalah, teknologi hibrida. Juga ada skema cukai karbondioksida (CO2 Tax) yang juga lagi dilobi merek Eropa ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com