Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ferrari Akan Segera Punya Model “Crossover”?

Kompas.com - 09/07/2017, 12:35 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Maranello, KompasOtomotif – Merek sport car asal Italia Ferrari, terus dikejar pertanyaan soal kapan mereka melahirkan model crossover atau sport utility vehicle (SUV). Rumor ini semakin ramai dibicarakan setelah pihak Ferrari mengaku model tersebut dalam pengembagan dengan kode F16X.

Merek berlambang kuda jingkrak itu rencananya akan merilis SUV-nya pada tahun 2021. Ketika SUV Ferrari ini hadir, kemungkinan besar akan menjadi penantang kuat di jajaran mobil SUV mewah lain, seperti Porsche Cayenne dan Lamborghini Urus.

Dari Motor1.com, F16X akan berbagi platform dengan GTC4Lusso yang umurnya diduga jatuh tempo pada 2020. Soal powertrain, kemungkinan masih tetap mengadopsi sistem penggerak all-wheel drive, dan crossover tersebut kabarnya akan menggunakan mesin V8 hibrida.

Sejauh ini, F16X juga akan hadir dengan tata letak lima pintu dan disebut-sebut tidak memiliki pilar B, lantaran menyematkan konsep “Suicide Doors” yang memungkinkan pintu masuk ke dalam mobil lebih lebar. Ferrari memproyeksikan kalau harganya ada di kisaran 300.000 euro atau Rp 4,5 miliar.

Dugaan lainnya kalau Ferrari masih mencari penamaan yang cocok untuk model barunya ini, mengikuti pemain lain seperti BMW yang mengacu pada Sport Activity Vehicle (SAV), kemudian Rolls-Royce yang menyebut Cullinan dengan High-Sided Vehicle.

Sementara Ferrari juga akan menciptakan akronim untuk model terbarunya ini, besar kemungkinan akan menggunakan CUV atau Crossover Utility Vehicle.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com