Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nissan Mau Stop Juke?

Kompas.com - 26/05/2017, 15:27 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Toronto, KompasOtomotif – Crossover Nissan, Juke, baru-baru ini menginjak usia yang ketujuh. Namun, kabar yang beredar kalau produsen asal Jepang tersebut rencananya akan merayakan ulang tahun Juke dengan menyuntiknya mati.

Mengutip Carscoops, Jumat (26/5/2017) dari dua sumber yang terpercaya, kalau Nissan akan menghapuskan Juke, setelah lahirnya model year 2017 atau 2018. Kabar tersebut tidak semuanya buruk, karena eksistensi Juke nantinya akan digantikan oleh Kicks yang sudah diperkenalkan tahun lalu.

Saat ini untuk pasar crossover kompak nampak punya rapor merah, di mana Juke mengalami penurunan yang cukup tajam. Bulan lalu, Nissan hanya berhasil menjual 986 unit Juke di Amerika Serikat, atau turun 47,8 persen dibanding tahun lalu.

Pihak Nissan masih menolak untuk mengomentari rumor tersebut, tapi Michael Bunce, Vice President Product Planning Nissan Amerika Utara menyarakan, agar model baru Nissan Kicks, sudah bisa disebarkan ke negara bagian.

"Tentu saja kami melihat kesempatan untuk crossover, dan kami melihat Honda dan merek lain di segmen itu bermain dengan sangat serius," ujar Bunce.

Bunce juga mengisyaratkan modelnya akan lebih murah dari pada Juke, dan bersaing dengan crossover kecil seperti Chevrolet Trax dan Honda HR-V.

Di Indonesia sendiri, sesuai dengan data wholesales Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Juke hanya terjual 35 unit sepanjang Januari-April 2017. Padahal, pada periode yang sama tahun lalu, bisa mencapai 149 unit, atau turun sampai 76 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com