Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jualan R25 Merosot Akibat Pergeseran Konsumen ke XMAX

Kompas.com - 22/05/2017, 08:22 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Perang di  segmen sepeda motor sport 250cc masih tampak sengit, di mana pendatang baru, Honda CBR250RR melesat dan menempel ketat Kawasaki Ninja, serta tampak saling salip-menyalip sepanjang 2017.

Namun, di lain sisi, performa Yamaha R25 malah semakin menurun di mana pada April 2017 pasokannya hanya 24 unit, padahal pada bulan sebelumnya mencapai 117 unit. Angka tersebut membuat Yamaha harus tercecer jauh, dari dua kompetitornya.

Sedikit datang rasa curiga, apa pengurangan pasokan ini lantaran bakal meluncurkan produk baru? Atau memang karena ketatnya persaingan?

Mengonfirmasi langsung kepada pihak PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), M Abidin, Manager After Sales & Public Relation menyebutkan, kalau kondisi yang terjadi ini lantaran peregeseran permintaan.

“Memang secara demand segmen sport 250 menurun. Kemudian, segmen sport juga mulai terjadi shift ke model matik bongsor sepertinya, terlihat dari peminat XMAX yang cukup besar,” ucap Abidin kepada KompasOtomotif, Minggu (21/5/2017).

Kawasaki Teratas

Melihat Januari-April 2017 Kawasaki ada di posisi puncak, mencapai 4.159 unit, dengan selisih yang sangat tipis dengan CBR250RR. Sementara model sport 250 milik Honda berjumlah 4.141 unit, atau berjarak hanya 18 unit.

Sementara untuk Yamaha harus berada di posisi buncit, dengan total perolehan hanya 530 unit, atau hanya kebagian jatah 6 persen dari kue sport 250cc.

Ghulam/KompasOtomotif Penjualan sport 250cc Januari sampai April 2017.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com