Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Murah 7-Penumpang Suzuki Masih Menggantung

Kompas.com - 09/05/2017, 09:39 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Ketika model-model low MPV 7-seater dibanderol makin mahal, turunannya yang bisa diburu adalah mobil murah (LCGC/ KBH2). Masih ada dua merek yang berani main, yakni Toyota dan Daihatsu (Calya dan Sigra). Suzuki pun ingin main, tapi mereka berusaha tidak gegabah.

Direktur Penjualan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) 4W, Makmur, mengatakan bahwa pihaknya juga masih menunggu produk yang benar-benar pas dan cocok, persis seperti yang diinginkan tim dan masyarakat Indonesia. Karena, untuk membuatnya tidak gampang.

Makmur mencontohkan Ertiga yang benar-benar dicari titik kenyamanan maksimalnya. Mulai dari baris ketiga yang harus melalui 700-an kali setelan, sampai orang duduk sempurna, head room dapat, tapi kaki tidak nangkring dan jinjit.

”Kalau mau bikin LCGC 7-seater gampang. Masalahnya, duduk di bangku baris ketigga nyaman nggak? Itu yang susah. Lalu harus memikirkan banyak hal lain termasuk radius putar harus sekian dan lain-lain,” ujar Makmur (5/7/2017).

Di India, santer diberitakan bahwa Wagon R (Karimun Wagon R) berusaha dipanjangkan bodinya dan menjelma menjadi produk 7-seater. Makmur menyadari hal tersebut sudah mengemuka, namun dikatakannya SIS masih belum melirik ke arah sana.

”Memang sedang disiapkan di India, tapi kami ambil atau enggak, belum tahu. Karena cocok atau nggak itu tadi. Orang India dan Indonesia itu punya selera beda, kita lebih tinggi, dari style dan request juaga beda,” kata Makmur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com