Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suzuki Siapkan Varian Ignis yang Lebih Murah

Kompas.com - 06/05/2017, 14:02 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Saat ini, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) sedang kembali naik daun dengan produk teranyar, city car Ignis. Kendati demikian, tiga tipe yang sudah ditawarkan bakal mendapat satu lagi ”teman”, terselip di antara GL manual dan GX manual.

Hal itu dibocorkan oleh Setiawan Surya, 4W Marketing Deputy Managing Director SIS, dalam sebuah kesempatan khusus bersama media di Nusa Gastronomy, Kemang, Jakarta Selatan, (5/5/2017). Katanya, bakal ada tandem untuk tipe GS, tapi dengan transmisi otomatis.

”Harusnya memang ada (tipe) GL AGS (Automated Gear Shift), cuma mungkin baru ada di GIIAS (Gaikindo Indonesia International Auto Show-pameran otomotid pada Agustus 2017). Dari situ loncat ke GX manual, dan GX AGS,” kata Setiawan.

Rupanya, SIS butuh pilihan lain untuk tipe dengan transmisi tanpa injak pedal kopling. Kalau dilihat dari komposisi penjualannya, tipe AGS memang lebih banyak diburu. Tren meninggalkan transmisi manual dan beranjak ke yang lebih tak capek tergambar di sini.

Setiawan lalu memberi contoh komposisi penjualan di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2017, selama beberapa hari. Ternyata tipe tertinggi, GX AGS, mendapat porsi sekitar 70 persenan. Lalu diikuti GX manual 20 persen, dan sisanya GL manual.

Tapi jika digabungkan dengan perolehan total se-Indonesia, tipe transmisi manual menggemuk. GX AGS tetap tertinggi, tapi tinggal 45 persen. Lalu diikuti GX manual 35 persen dan GL 20 persen.

Jika nanti tipe GL AGS hadir, artinya bakal ada tipe transmisi otomatis dengan harga lebih murah. Saat ini, GX AGS dibanderol Rp 169,5 juta, atau lebih mahal Rp 10 jutaan dibanding tipe GX manual.

Sedangkan tipe GL manual dijual Rp 139,5 juta. Apakah berarti tipe GL AGS nanti bakal lebih mahal juga Rp 10 juta dari tipe manual (sekitar Rp 149,5 juta)? Bisa jadi!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com