Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ertiga Model Baru Sudah di "Kantong" Suzuki

Kompas.com - 08/05/2017, 08:01 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Lima tahun sudah Suzuki Ertiga memberi warna buat persaingan segmen low MPV di Indonesia. Lalu, apakah di usia yang cukup matang itu bakal muncul perubahan dengan hadirnya full model change dalam waktu dekat?

Direktur Penjualan PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), Makmur, mengatakan bahwa sudah ada model barunya yang sedang disiapkan di Jepang. Cuma, menurutnya, peluncuran masih lama, karena masih dalam tahap pengembangan.

”Kalau ditanya ada nggak (model baru Ertiga)? Sudah ada, cuma masih jauh. Sekarang orang kan development mobil dua sampai tiga tahun,” ujar Makmur, (5/5/2017), dalam sebuah kesempatan di Kemang, Jakarta Selatan.

Siklus

Dirinya mengakui bahwa siklus dilakukannya full model change saat ini mulai maju. Jika dulu ada semacam ”hukum tak tertulis” bahwa sebuah mobil harus ganti model setelah tujuh tahun, kini sudah mulai banyak yang melakukannya dalam lima tahun, bahkan tiga tahun.

Kendati sudah berusia lima tahun dan banyak diharapkan orang untuk ganti model, namun Makmur mengatakan bahwa SIS selalu memberi pembaruan setiap tahun agar Ertiga tampak segar. Mulai dari tipe Elegant, Sporty, lalu muncul minor change, New Ertiga, sampai Drezza, dan sekarang diesel.

”Nggak bisa kalau orang Indonesia nggak ada pembaruan. Tetap harus ada penyegaran, bahkan itu sudah kami lakukan tiap tahun dengan perubahan-perubahan,” kata Makmur.

Ertiga yang pada awalnya diciptakan untuk pasar Indonesia, berhasil menjadi pendobrak saat meluncur, lima tahun silam. Model ini mampu menggoyang eksistensi pemimpin pasar, duet Avanza-Xenia yang seakan main sendirian bertahun-tahun lamanya.

Andalan Suzuki itu juga memicu merek lain untuk memberanikan diri terjun di segmen yang sama. Misalnya, Honda dengan Mobilio, atau Chevrolet yang sampai harus memproduksi Spin di Pondok Ungu, Bekasi. Bahkan kini, Mitsubishi pun ikutan main dengan versi produksi XM Concept.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com