Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bocoran Terbaru soal “MPV Sejuta Umat” Nissan

Kompas.com - 26/04/2017, 08:01 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Cikarang, KompasOtomotif – Pertanyaan yang selama ini masih simpang-siur, akhirnya mendapatkan jawabannya. Pihak Mitsubisi Motors mengonfirmasi, kalau platform Small MPV miliknya akan digunakan juga oleh aliansinya Nissan di Indonesia.

Pernyataan tersebut seperti dikatakan oleh Trevor Mann, Chief Operating Offier (COO) of Mitsubishi Motors, di sela-sela peresmian pabrik baru di Greenland International Industrial Center (GIIC) Cikarang Pusat, Bekasi, Jawa Barat, Selasa (25/4/2017).

Saat ini Nissan, kata Mann, masih melakukan beberapa proses engineering, di mana cukup memakan waktu, sekitar dua sampai tiga tahun. Namun, dirinya optimistis semuanya akan selesai pada 2019 mendatang.

“Produk MPV merupakan tonggak penting kami. Kemudian Nissan menyebut kalau kami sekarang sudah memiliki MPV yang menjadi segmen terbesar di Indonesia, lantas mereka mengatakan, bagaimana kalau kita bekerjasama dan membuat mobil dengan platform sama? Tentu kami jawab iya,” ujar Mann.

Mann mengatakan, kalau Nissan juga tidak begitu saja mengambil produk Small MPV Mitsubishi dan dilabeli merek Nissan. Namun, terlebih dahulu akan melakukan beberapa proses, dan mencari desain yang cocok untuk brand sendiri. Meski platform sama tapi mobilnya akan berbeda satu dengan lainnya.

“Itu tentu akan memakan waktu, dua sampai tiga tahun. Namun, kemungkinan besar akan terealisasi di 2019, dan itu mungkin saja,” ucap Mann.

Sebelumnya, Osamu Masuko, President and CEO Mitsubishi Motors Corporation (MMC) mengatakan, kalau kemungkinan juga produksi Small MPV Nissan bisa saja dilakukan juga di pabrik baru Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI) di Cikarang. 

Maka bisa disimpulkan, "MPV Sejuta Umat" Mitsubishi ini siap mejeng perdana di pameran Gaikindo International Auto Show (GIIAS), Agustus 2017 mendatang. Setahun kemudian, giliran Nissan yang akan memperkenalkan "MPV Sejuta Umat" dengan platform sama. Keduanya akan berjibaku dengan model lain yang sudah mengakar di pasar, seperti duet maut Toyota Avanza-Daihatsu Xenia, Honda Mobilio, dan Suzuki Ertiga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com