Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aliansi Mistubishi-Nissan Mulai Menjalar ke Pikap

Kompas.com - 13/03/2017, 08:42 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Geneva, KompasOtomotif – Selain bakal berbagi platform model multi purpose vehicle (MPV) untuk Nissan, Mitsubishi sedang dalam proses studi terkait join fasilitas produk pikap, yang diproduksi di wilayah Asia Tenggara, mengutip Reuters, Minggu (12/3/2017).

Kelompok produsen Jepang ini akan menyatukan dasar-dasar teknis dan produksi, di mana produk hasilnya, bakal menggusur Nissan Navara dan Mitsubishi Triton yang dibuat di Thailand. Ini seperti dikatakan Chief Operating Officer Mitsubishi Trevor Mann, ketika diwawancarai di pameran mobil Geneva.

"Jika Anda melihat biaya kinerja kami di daerah itu, kami (Mitsubishi) menjadi patokan di dalam aliansi (Nissan-Mitsubishi). Di mana teknologi four-by-four dan biaya produksi pikap kami, lebih baik jika dibanding Nissan,” ujar Mann.

Saat ini, Nissan dan Mitsubishi memproduksi basis sasis pikap dan mobil penumpang pada jalur produksi yang berbeda di Thailand, atau masih dalam formasi semula (sebelum beraliansi). Mann menuturkan, strategi baru ini, berpotensi membuat pabrik Mitsubishi hanya fokus pada model pikap, sementara Nissan memproduksi SUV dan model penumpang lainnya.

Bukan tidak mungkin, kata Mann, kolaborasi ini akan meluas ke wilayah lain, di mana Nissan dan Mitsubishi memiliki pabrik, seperti Indonesia dan Filipina. Namun, nampaknya untuk pikap, bakal tetap berada di Thailand, di mana penjualannya berkontribusi 40 persen.

Model Nissan Navara dan Mitsubishi Triton yang ada saat ini, meluncur pada 2014 lalu dan kemungkinan tidak akan mengalami penggantian sebelum 2022. Ini bisa menjelaskan, kalau keputusan pengembangan dan produksi bersama, baru diketuk palu dua tahun lagi, atau bahkan lebih.

Di Indonesia, Mitsubishi bakal memproduksi MPV untuk Nissan, di fasilitas produksi baru milik Mitsubishi di Delta Mas, Cikarang. Model mobil multiguna 7-penumpang tersebut, wujudnya akan mirip-mirip dengan XM Concept yang sudah dipamerkan Mitsubishi Agustus 2016 lalu, dan menantang  kolaborasi lain seperti salah satunya Avanza-Xenia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com