Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hino Resmikan Fasilitas Uji Kir Pertama di Indonesia

Kompas.com - 14/02/2017, 16:38 WIB
Stanly Ravel

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – PT. Hibaindo Armada Motor (HAM) selaku diler resmi Hino meresmikan fasilitas pengujian kendaraan bermotor (kir) pertama di Indonesia. Fasilitas ini akan digunakan untuk membantu pemerintah dalam melakukan pengecekan kendaraan yang sesuai regulasi.

“Kami bangga Hiba Group, menjadi yang pertama dan satu–satunya yang dipercaya pemerintah menjalankan uji kir swasta. Dengan fasilitas ini kami bisa membantu memastikan kendaraan yang digunakan aman dan nyaman dikendarai,” ucap CEO Hiba Group Jacob Irawan dalam siaran resminya, Selasa (14/2/2017).

Fasilitas uji kir yang berlokasi di diler Hino HAM Cakung, Jakarta Timur, ini menghabiskan investasi sebesar Rp 5 milyar. Selain akan melayani perpanjangan kir kendaraan, nantinya fasilitas ini juga akan dibuka untuk umum untuk melayani bus, truk, taksi, dan taksi online.

Prosedur pengujian dilakukan sama dengan biasanya, mulai dari pendaftaran, uji visual tentang kondisi fisik kendaraan, noise test guna mengukur kebisingan kendaraan, emisi tes untuk mengukur emisi gas buang, load test untuk mengukur beban kendaraan, brake test guna mengukur fungsi pengereman, speed test mengukur kecepatan. Setelah itu dilanjutkan dengan pengujian lampu utama, side slip, uji kuncup roda depan dan uji visual 2 bagian bawah kendaraan seperti gardan, propeller shaft, kaki-kaki, dan bagian lainnya.

Setiap kendaraan yang lulus akan mendapatkan buku uji, plat uji, dan stiker tanda samping, sedangkan kendaraan yang belum lulus akan diperbaiki kembali. Khusus untuk Hino bisa langsung melakukan perbaikan di bengkel yang letaknya bersebelahan.

dok. HAM Fasilitas uji kir Hino

Pelayanan uji kir dan bengkel perbaikan dalam satu atap ini (one stop services) diharapkan dapat meningkatkan produktivitas kendaraan milik konsumen.

“Dengan adanya fasilitas kir ini membuat pengusaha lebih mudah dalam menjalankan bisnis. Unit kendaraan pelanggan dapat booking terlebih dahulu untuk pelaksanaan kir sehingga tidak perlu repot antri lagi," ucap Direktur HAM Trysie Mokoagouw .


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com