Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hasil Awal Perang CBR150R, R15, dan GSX-R150

Kompas.com - 09/02/2017, 18:53 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Awal tahun ini, kita disuguhi perang dingin antar merek sepeda motor, khususnya di segmen sport 150 cc fairing. ”Provokasi” awal dilakukan Yamaha yang menembakkan All New R15. Lalu disusul Suzuki yang mengandalkan performa dan harga murah GSX-R150.

Sementara Honda dalam ”peperangan” ini masih bertahan dengan tidak adanya perubahan model, masih dengan All New CBR150R. Tapi meski begitu, jika melihat data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) Januari 2017, Honda jadi yang terkuat.

Bulan pertama tahun ini, All New CBR150R didistribusikan 7.513 unit oleh PT Astra Honda Motor. Angka itu termasuk stabil jika dibandingkan bulan-bulan sebelumnya tahun lalu. Dalam hal ini, Honda masih punya kekuatan untuk bertahan meski para pesaing makin gencar.

Sementara Yamaha masih mendistribusikan All New R15 sebanyak 2.116 unit. Jumlah ini diindikasikan sebagai gelombang produksi pertama. Apalagi, produsen logo garputala ini belum menentukan harga jual.

PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing sudah pernah menyampaikan soal target, dan mematok All New R15 terjual minimal 7.500 unit per bulan.

Lalu, bagaimana dengan Suzuki? Start-nya lumayan baik. PT Suzuki Indomobil Sales  pada bulan pertama tahun ini langsung mengirimkan 1.552 unit GSX-R150.

Jumlah yang belum banyak memang, dan Suzuki memang lebih realistis dengan memasang target 15 persen dari pasar segmen ini. Harga GSX-R150 saat ini masih bersifat promo, dan bisa naik dalam waktu dekat.

Hasil bulan ini memang belum bisa dijadikan patokan. Pasar akan mulai terbentuk saat masing-masing produsen, terutama Yamaha dan Suzuki sudah menggenjot kapasitas produksi maksimal, dan menentukan harga jual yang fix. Diperkirakan 1-3 bulan mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com