Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perjuangan Tata Motors Perluas Jaringan

Kompas.com - 23/12/2016, 11:55 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Upaya PT Tata Motors Distribusi Indonesia (TMDI) untuk terus eksis di industri otomotif dalam negeri tak kendur. Kali ini, Tata kembangkan jaringan purna jual, dengan menggandeng kemitraan dengan 100 toko suku cadang dan 100 toko onderdil di seluruh Indonesia, melalui strategi kerjasama dengan diler 3S (sales, servis, spareparts).

Cara ini diklaim menjadi bagian dari program Tata Dekat dan Ada (Tata DDA), untuk meningkatkan daya jangkau serta ketersediaan suku cadang genuine Tata Motors dalam satu harga. Kini pelanggan Tata bisa mendapat spareparts Tata di toko multi merek,seperti brand yang lainnya.

“Ini menjadi bagian penting dari paket komitmen Tata Motors sebagai merek baru di Indonesia. Program ini dirancang untuk mendukung program Piece of Mind, yang menjamin konsumen untuk lebih mudah dan dekat dalam memperoleh suku cadang asli Tata Motors,” ujar Biswadev Sengupta, Presiden Direktur TMDI dalam siaran resminya, Jumat (23/12/2016).

Online Parts Shop

Selain itu, diler Tata Motors juga mulai merambah dunia digital, dengan membangun akses dan ketersediaan suku cadang genuine di salah satu mitra portal belanja, Tokopedia. Tidak kurang dari 90 jenis suku cadang fast moving tersedia.

“Kedepannya, kami telah mengimbau jaringan kami untuk aktif memasarkan suku cadang melalui portal belanja yang lain, demi meningkatkan kenyamanan konsumen. Respon konsumen terhadap cara ini sangat baik,” tutur Biswadev.

Jaringan resmi diler 3S TMDI di seluruh Indonesia sendiri memiliki stok 11.590 suku cadang, yang tersebar di 19 diler dan didukung stok konsinyasi 1.805 dari TMDI. Ini untuk menjamin program 1x24 jam suku cadang pasti sampai di seluruh diler. Sementara Tata Parts Center, Gudang suku cadang Tata Motors di Cibitung, Jawa Barat, telah ditingkatkan jumlah stoknya hingga 12.500 suku cadang. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com