Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alternatif Investasi UKM ala Tata Motors

Kompas.com - 03/12/2016, 10:22 WIB
Stanly Ravel

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Tata Motors Distribusi Indonesia (TMDI) punya solusi bagi wirausaha kecil untuk berinvestasi. Tanpa harus mengeluarkan banyak modal membeli tanah, Tata menawarkan kendaraan niaganya yang bisa dijadikan food truck atau mobil toko (moko).

Wilda Bachtiar, Marketing Manager Commercial Vehicle TMDI, menjelaskan bahwa sejak tahun lalu Tata sudah menunjukan beberapa produk yang bisa dijadikan solusi masyarakat untuk mengembangkan usaha kecilnya.

"Kita punya produk yang bisa dijadikan toko berjalan atau food truck. Melalui produk ini kita memberikan solusi para startup bisnis dengan modal yang terjangkau," ucap Wilda kepada wartawan di Jakarta, Rabu (30/11/2016).

Moko dibangun TMDI memang bertujuan untuk mempermudah para pelaku usaha kecil menengah (UKM). Dengan kendaraan yang generik, para pengusaha bisa fleksibel mengembangkan dagangannya.

"Banyak pengusaha kecil yang ingin terjun ke bisnis food truck atau moko tapi terhalang biaya investasi di saat awal. Melalui konsep moko Ace EX2 kami mencoba untuk mewadahi kebutuhan itu. Pembeli hanya dikenakan biaya tambahan untuk karoseri kurang lebih Rp 25 juta," kata Wilda.

TMDI Tata Ace EX2 dengan harga murah menjadi andalan TMDI untuk pengusaha kecil menengah.

Untuk unit yang ditawarkan terdiri dari dua model, yakni Super Ace dan Ace EX2 dengan mesin diesel 700 cc. Secara penjualan, Ace EX2 menyumbang kontribusi yang cukup besar karena dianggap memiliki harga yang lebih terjangkau.

Tata Ace EX2 konsep moko dipasarkan dalam dua model yakni dengan bahan karoseri alumunium seharga Rp 103,7 juta, dan fiber sebesar Rp 119 juta. Sedangkan Super Ace sendiri dibanderol Rp 163,2 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com