Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertumbuhan Cepat Diler Mobil Honda

Kompas.com - 18/11/2016, 09:42 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Jakarta, KompasOtomotifHonda menjadi merek mobil dengan pertumbuhan diler paling cepat di Indonesia. Seiring dengan suksesnya menjaga tren positif dalam hal penjualan, jumlah investor yang mendukung pelayanan dengan diler 3S (sales, service, spare parts) makin berlimpah.

Belum genap setahun, PT Honda Prospect Motor (HPM) sudah menambah 20 diler baru. Terakhir yang diresmikan, (17/11/2016), adalah Honda Mandalatama BSB Semarang, sekaligus menjadi diler ke-133 secara nasional dan yang ke-5 di Kota Lumpia.

Jadi, secara total, tak hanya 133 diler resmi, Honda masih punya 34 sub dealer 3S yang juga melayani penjualan dan purna jual Honda di berbagai daerah. Artinya, secara total Honda memiliki 167 diler dan sub dealer 3S di seluruh Indonesia.

Jonfis Fandy Direktur Pemasaran dan Layanan Purna Jual HPM mengatakan bahwa jumlah kosumen yang semakin bertambah harus didukung fasilitas penjualan dan purna jual. ”Ini menjadi bagian dari program Honda untuk semakin luas dan dekat dengan masyarakat,” ucap Jonfis.

Penjualan
Buat pebisnis atau investor, performa Honda ini memang menggiurkan untuk diajak ”lari bareng” sebagai partner dalam bentuk diler. Apalagi, komitmen HPM sejak tahun ini, harus lebih dekat dengan konsumen, di mana pun mereka berada.

Tentu, muaranya adalah penjualan yang terus terjaga tren positifnya. Hanya dalam 10 bulan tahun ini, total mobil yang dikirim ke diler (penjualan wholesales) sudah melampaui capaian tahun lalu.

Honda tercatat membukukan penjualan total 168.937 unit selama Januari-Okober, merebut pangsa pasar 19,3 persen. Sementara total penjualan sepanjang 2015 sebesar 159.253 unit. Hasil ini diraih setelah Honda menjual 17.088 unit pada Oktober 2016.

Jonfis di awal tahun bahkan sempat bilang, target tahun ini adalah mengoperasikan sedikitnya 10 diler baru. Atau target besarnya, menambah jaringan harus menjadi 200 titik, total antara diler 3S dan sub diler.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com