Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Laporan dari EICMA, Milan, Italia

Inilah Ajang Pamer Motor dan Aksesori yang Sebenarnya

Kompas.com - 15/11/2016, 07:31 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Milan, KompasOtomotifEICMA di Milan, Italia, yang diselenggarakan pada 8-13 November 2016, sudah tak lagi berada di level pameran motor. Tapi lebih dari itu, salah satu kiblat ajang pamer kendaraan roda dua dunia itu sudah menjadi satu kesatuan dengan industri sepeda motor.

Terlepas dari menariknya motor-motor baru yang akan memenuhi jalanan dunia pada 2017, EICMA juga menjadi ajang pengembangan bisnis, khususnya menggaet mitra dari dalam negeri maupun mancanegara.

Disiapkan area dan acara khusus untuk para profesional demi membuka kesempatan hubungan B2B (bussiness to bussiness). Penyelenggara bekerjasama dengan Kementerian Pembangunan Ekonomi dan badan promosi bisnis asing menawarkan berbagai kegiatan seperti lokakarya dan seminar untuk membuka peluang ekspansi.

Sejumlah delegasi dari berbagai penjuru di dunia diundang untuk ikut agenda ini, termasuk Indonesia yang diwakili salah satu agen pemegang merek sepeda motor asal Italia, importir aksesori Italia, sampai importir moge CBU.

KompasOtomotif-Donny Apriliananda Honda CRF250 Rally menjadi penantang serius motor adventure ber-cc kecil.
EICMA dan ”Fashion”

Totalitas EICMA tak berhenti di sana untuk menggerakkan semua komponen industri. Penyelenggara juga menggalakkan kampanye keselamatan berkendara yang disebar ke berbagai kota dengan tema ”Keep an eye on the 2 wheels”. Tujuannya, meningkatkan level perhatian untuk pengguna motor, skuter, dan kendaraan roda dua lainnya, kepada pengguna jalan lainnya.

Paling menarik, gema EICMA tak lantas dibiarkan menguap di area pameran. Seluruh kota ”dipaksa” untuk terus mengikuti agenda ini dengan konsep menarik. Penyelenggara menggandengkan konsep motorisasi dengan dunia fashion yang memang identik dengan kota Milan.

KompasOtomotif-Donny Apriliananda Salah satu sudut kota di Milan, dipajang karya fotografi dari salah satu media otomotif di Italia untuk EICMA.
Dikemaslah ajang pendukung yang disebut 2-Wheels Week. Selama seminggu, salah satu pusat perbelanjaan terkenal, La Rinascente, dihiasi pernik yang berhubungan dengan pameran. Etalase utama mal ini digantungi motor-motor model baru yang meluncur di EICMA.

Bahkan di berbagai sudut toko enam lantai itu, terselip berbagai produk motor yang berbaur dengan produk fashion. Di sebelah mal, tempat orang-orang berjalan di area Duomo, dipajang karya fotografi yang berhubungan dengan motor.

Berbagai tahapan yang dilakukan EICMA bisa jadi sulit diikuti. Terlebih lagi, pameran ini sudah diselenggarakan selama 74 kali, yang membuat penyelenggara sudah kenyang pengalaman dan bebas menciptakan konsep apa saja.

Bukan tidak mungkin pameran-pameran otomotif di Indonesia berkaca dari sini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com