Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rekor AHM Sepanjang 45 Tahun Eksis di Indonesia

Kompas.com - 14/11/2016, 09:41 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Bogor, KompasOtomotif - PT Astra Honda Motor (AHM) tahun ini mendominasi pasar kendaraan roda dua di Indonesia mencapai 73,6 persen, menggagahi semua merek yang ada. Ini merupakan prestasi tertinggi yang dicapai, sepanjang eksistensinya selama kurang lebih 45 tahun.

"Honda terus berjuang naik, hingga pada puncaknya di 2016 (Januari-Oktober) ada di angka penguasaan pasar 73,6 persen. Ini pencapaian highest ever selama lebih dari 45 tahun Honda di Indonesia," ujar Markus Budiman Widihandojo, Director of HR, GA, and IT AHM, Jumat (11/11/2016) di Bogor.

Markus menambahkan, kalau dalam beberapa tahun ke belakang, posisi Honda dengan kompetitor cukup ketat. Namun, pihaknya terus berupaya untuk bisa meningkatkan performa dan menguasai sepenuhnya pasar Tanah Air.

Bukan hanya terbesar di dalam negeri, Honda Indonesia juga menjadi yang terbesar di seluruh dunia untuk urusan produksi. Saat ini, kapasitas produksi yang dimiliki AHM sanggup memproduksi 5,8 juta unit per tahun, dari empat pabriknya.

Pasar Tahun Depan "Flat"

Ketika membidik pasar otomoitf tahun depan, pihak AHM masih beranggapan kalau kondisinya akan flat. Meski begitu, harapan untuk membaik masih tetap ada.

"JIka melihat ke belakang, tahun 2011 pasar roda dua kita mencapai 8 juta unit, lalu turun di 2012 sebesar 7,1 juta unit. Lalu naik lagi di 2013 dan 2014 berturut-turut di angka 7,7 juta unit dan 7,9 juta unit. Lagi-lagi harus turun menjadi 6,5 juta unit di 2015, di mana tahun ini diprediksi hanya 5,9 juta unit. Sementara tahun depan kami anggap akan flat," ujar Markus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com