Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pilihan Oli Buat Mesin Gampang Nyala Pagi Hari

Kompas.com - 26/09/2016, 11:01 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Semakin modern, mesin dirancang lebih bertenaga dalam ukuran ringkas. Salah satu konsekuensinya, bagian internal mesin menyempit dan butuh pelumasan yang juga makin canggih buat mengimbangi.

Menurut Boediarto, Head of Mitsubishi Motors Corporation (MMC) Technical Service Department PT. Krama Yudha Tiga Berlian Motors, Jumat (23/9/2016), semakin canggih mesin mobil maka butuh oli dengan kekentalan makin rendah. Belakangan ini di Indonesia, katanya, banyak bengkel resmi merek mengeluarkan oli dengan angka kekentalan SAE 0.

Baca: Arti Kode SAE dan APi pada Kemasan Oli Mesin

Semakin rendah angka SAE artinya oli semakin encer yang bikin gerakan komponen internal mesin jadi leluasa. Selain itu, semakin rendah angka SAE berarti kemungkinannya untuk mengeras pada suhu dingin semakin kecil. Artinya, oli jenis ini memudahkan pengemudi ketika menyalakan mesin pada pagi hari.

“Tujuan agar lebih enteng dan efisien bahan bakar. Justru benefitnya banyak kalau viskositasnya (kekentalan) lebih rendah, mencapai ke celah-celah yang sempit. Jadi sekarang memanaskan mesin pagi hari juga tidak perlu lama,” ucap Boediarto. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com