Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Uji Tabrak Mobilio Versi India Dapat 0 Bintang

Kompas.com - 20/09/2016, 09:32 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

New Delhi, KompasOtomotif – Global NCAP( New Car Assesment Program) merilis hasil pengujian terbaru mereka pada MPV Honda Mobilio produksi 2016 yang dijual di India. Ada dua model yang diuji, yakni varian terendah dengan hasil sangat buruk 0 bintang dan yang sudah dilengkapi dual airbag meraih tiga bintang.

Dalam pemberitannya, Senin (19/9/2016), Global NCAP menjelaskan varian terendah Mobilio menunjukan struktur stabil namun gagal melindungi penumpang dewasa saat tabrakan depan. Honda lantas meminta NCAP mengetes varian dengan kantong udara yang hasilnya belum membanggakan.

Global NCAP Uji tabrak Global NCAP Honda Mobilio 2016 yang dijual di India. Pada varian dengan dua kantong udara mendapat hasil 3 bintang.
Kendati lebih mampu melindungi, Secretary General Global NCAP David Ward belum puas. “Honda juga menunjukan dengan dua kantong udara mereka bisa mendapat tiga bintang. Seharusnya sistem keselamatan ini bukan pilihan,” kata David.

Global NCAP mendukung gerakan keselamatan di India yang dilambangkan dengan tagar #safercarsforindia. Ada banyak faktor yang memengaruhi keselamatan di jalan raya, salah satunya dimulai dari desain mobil yang mendukung.

Selain mengumumkan hasil tes Mobilio, Global NCAP juga membuka data uji baru pada “car of the year” di India, Renault Kwid. Model ini sudah pernah diuji pada awal tahun dengan hasil buruk 0 bintang, lantas Renault mengembangkannya.

Namun ternyata tingkat keselamatan hanya naik sedikit. Setelah diuji, varian dengan sistem keselamatan paling tinggi, memiliki satu kantong udara dan sabuk pengaman pretensioner, hanya mendapat 1 bintang. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com