Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tes Tabrak, Suzuki Ciaz Lebih Aman dari Ertiga

Kompas.com - 02/06/2016, 11:32 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Suzuki Ciaz dan Ertiga baru saja menyelesaikan tes tabrak, yang dilakukan oleh New Car Assessment Program (NCAP) untuk Asia Tenggara. Kedua model Suzuki tersebut, sama-sama mendapatkan rating empat bintang dari maksimal lima bintang (4/5).

Meski begitu, mengutip Indianautosblog, Rabu (1/6/2016) sedan Suzuki, Ciaz, memiliki detail skor lebih tinggi dibanding dengan Ertiga. Ciaz memperoleh skor 14,56 poin, dari capaian maksimal 16,00 poin, untuk kriteria Adult Occupant Protection (AOP) atau perlindungan terhadap penumpang dewasa di depan.

Raihan skor yang didapat tersebut sudah termasuk tes tabrak bagian samping mobil. Namun, terkait dengan penilaian untuk Child Occupant Protection (COP) atau perlindungan untuk penumpang anak-anak, Ciaz punya nilai cukup rendah, hanya 37 persen.

Sementara Ertiga, yang merupakan low multi purpose vehicle (LMPV) andalan Suzuki di Indonesia, mendapat skor AOP sebesar 12,39 poin, lebih kecil dari Ciaz dengan selisih 2,17 poin. Kemudian untuk perlindungan terhadap penumpang anak-anak (COP), hanya memenuhi kriteria sebanyak 33 persen.

Ertiga di Indonesia memiliki fitur keselamatan airbag, yang ada di dasbor dan kemudi. Lalu ada jugaSide Impact Beam sebagai standar dari fitur keselamatan. Selain itu juga dilengkapi dengan 7 sabuk pengaman, serta ada pula Child Proof Rear Door Locks, pada pintu belakang mobil.

Sementara Suzuki Ciaz, memiliki fitur yang sama dengan Ertiga, namun lebih dilengkapi dengan hadirnya ABS (Anti Lock Braking System) dan EBD (Electric Brake Distribution).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com