Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Rata-rata Konsumsi BBM Sigra

Kompas.com - 06/09/2016, 14:42 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif Daihatsu Sigra dirancang memenuhi regulasi efisiensi konsumsi bahan bakar sesuai takaran program low cost green car (LCGC), yaitu minimal 20 kpl. Sigra lolos verifikasi pengujian laboratorium. Namun, bagaimana jika mobil itu digunakan pada kondisi pemakaian sebenarnya?

KompasOtomotif sempat intim dengan Sigra R Deluxe bermesin 1,2 liter transmisi manual selama beberapa hari pada Agustus lalu. Selama itu, model MPV 7-penumpang ini menemani dalam berbagai aktivitas, dan angka odometer bertambah lebih dari 200 km.

Febri Ardani/KompasOtomotif Konsumsi bahan bakar Daihatsu Sigra 1.2L manual setelah menempuh lebih dari 200 km dengan pemakaian beragam metode mengemudi.
Sampai hari terakhir pengujian, pengukur efisiensi bahan bakar yang ada di instrument cluster tidak di-reset. Angkanya terlihat mencapai 14 kpl. Hasil ini cukup impresif. Pasalnya, pola mengemudi sangat beragam.

Sigra dipakai dalam kondisi stop and go di jalan Jakarta dan sekitarnya yang identik macet, terutama pada jam pergi dan pulang kerja. Bukan hanya itu, pengujian menggunakan Racelogic juga sempat dilakukan. Itu artinya, Sigra sempat dipakai berulang kali berakselerasi 0–100 kpj.

Febri Ardani/KompasOtomotif Data di Racelogic hasil pengujian pada Daihatsu Sigra 1.2L. Hasil terbaik 0 - 100 kpj ditempuh dalam 14,4 detik.
Model yang dikembangkan terinspirasi dari MPV Malaysia Perodua Alza ini dibekali dua pilihan mesin, yaitu 1KR-VE DOHC VVT-i 3-silinder berkapasitas 998 cc dan 3NR-VE DOHC Dual VVT-i 4-silinder berkapasitas 1.197 cc.

Mesin 3NR memiliki tenaga 87 tk dan torsi 108 Nm. Walau kesannya spesifikasi itu kecil buat MPV, pengaruhnya efektif buat menggerakkan bodinya yang seberat 1,5 ton. Poin pentingnya, Sigra sudah dilengkapi teknologi bukaan katup elektronik Dual VVT-i.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com