Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesaing Honda City dan Toyota Vios dari Malaysia

Kompas.com - 25/08/2016, 14:42 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Sumber Paultan

Kuala Lumpur, KompasOtomotif – Mobil nasional Malaysia, Proton, meluncurkan sedan mini Persona, minggu ini. Penantang di segmen yang dihuni Honda City dan Toyota Vios ini pun menerima tampang dan bekal fitur baru.

Dibandingkan dengan Persona lama (Gen2 Persona) yang merupakan versi sedan dari hatchback Gen2, model baru ini tampak lebih boxy. Dimensinya mengingatkan kita pada Honda City generasi kedua yang muncul pertama kali pada 2003.

Moncong depan tak terlalu panjang, mengoptimalkan ruang demi dimensi yang ringkas. Begitu juga bagian belakang yang tak terlalu menonjolkan bagasi. Desain baru lebih dinamis dengan lampu-lampu memanjang, tapi di-counter dengan bentuk membulat di belakang.

paultan.org Bagian belakang, tampak dinamis.
Ada tiga pilihan tipe dari Proton untuk Persona di Malaysia, yakni Standard, Executive, Premium, dan Premium SE. Semua tipe sudah menerima sensor parkir depan-belakang, ABS, EBD, Brake Assist (BA), dan Electronic Stability Control (ESC).

Ada juga kontrol traksi dan (TC) dan Hill-hold Assist. Enam kantung udara merupakan fitur standar dari semua tipe.

paultan.org Interior Proton Persona terbaru.
Fitur kunci lainnya, mobil yang dibangun dari basis Proton Iriz ini punya automatic headlamps, keyless entry dengan tombol start-stop, sistem hioburan berbasis Android dan navigasi satelit. Suara disalurkan lewat empat speaker.

Mesin satu tipe, yakni 1.600 cc VVT, yang sanggup mengeluarkan tenaga 107 tk @5.750 rpm dan torsi 150 Nm @4.000 rpm. Mesin itu berpadu dengan transmisi manual 5 percepatan atau continuously variable transmission (CVT).

Harga versi paling murah dipatok RM 46.350 ringgit Malaysia (setara Rp 152 jutaan) hingga versi paling tinggi yang dihargai 59.350 ringgit Malaysia (setara Rp 195 jutaan).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Paultan
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com