Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daihatsu Mengandalkan Robot di Indonesia

Kompas.com - 24/08/2016, 16:45 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis


Tangerang, KompasOtomotif - Operasi pabrik Astra Daihatsu Motor (ADM) di Karawang Timur, Jawa Barat, sudah 42 persen menggunakan teknologi robot. Otomatisasi sebesar itu salah satu yang terbesar di industri manufaktur otomotif di dalam negeri. 

Pabrik ini menjadi basis produksi kendaraan merek Daihatsu dan Toyota untuk pasar domestik dan ekspor menemani pabrik yang sudah ada sebelumnya di Sunter, Jakarta Utara Kapasitas terpasang pabrik Karawang Timur sebesar 200.000 unit per tahun, saat ini utilitasinya 180.000 unit per tahun.

Sejak 2012 didirikan, pabrik ini ditujukan untuk merakit model pelopor kelas Low Cost Green Car (LCGC) Daihatsu Ayla dan Toyota Agya. Lanjutannya, mulai tahun ini, pabrik memproduksi model kedua LCGC, yaitu Daihatsu Sigra dan Toyota Calya.

Frederik KS Head Quality Insepection Departemen ADM mengatakan otomatisasi meliputi proses pengelasan, pengecetan, dan berbagai titik perakitan.

"Sejak berdiri pada 2012 otomatisasinya sudah 42 persen, lebih tinggi dari Sunter 23 persen," kata Frederik.

Penggunaan robot berteknologi Jepang memaksimalkan efisiensi serta keamanan. Misalnya pada bagian pengelasan yang tadinya punya titik-titik sulit dijangkau, kini lebih mudah dikerjakan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com