Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SUV Hyundai Dapat Rangking Tabrakan Terbaik

Kompas.com - 05/08/2016, 07:42 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Arlington, KompasOtomotif – Hyundai akhirnya menjawab kegagalan produk sport utillity vehicle (SUV) Santa Fe lansiran 2012, di mana mendapat rangking mendekati buruk (marginal) dalam tes tabrak. Namun dengan berbagai pengembangan, Santa Fe versi 2017 facelift bisa mendapat pengharagaan Top Safety Pick.

Insurance Institute of Highway Safety (IIHS), untuk Santa Fe versi lama, saat dites tabrak, penyokan bagian depan mobil yang merangsek ke dalam kabin (intrusion) mencapai 10 inci. Sementara kali ini hanya 4 inci.

"Saat ini intrusi maksimum Santa Fee adalah 4 inci, di mana posisinya ada di bagian bawah pilar engsel pintu di bangku penumpang depan. Dalam tes, sabuk pengaman cukup aman dengan airbag yang bekerja dengan baik, untuk mengontrol gerakan dummy tes,” kata pihak IIHS, seperti dilansir Leftlane, Jumat (5/8/2016).

Komponen keselamatan seperti salah satunya automatic emergency braking (AEB), punya peran besar mengantarkan Hyundai Santa Fe mencapai nilai tertinggi. Teknologi tersebut benar-benar bisa menghindari mobil dari kecelakaan, dengan rentang kecepatan 12-25 mil per jam.

Selain itu, ketika melakukan pengujian pada komponen lampu, Hyundai Santa Fe Special Edition Ultimate ini, mendapat rating “good”. Produk ini menjadi satu-satunya mobil yang mendapat pujian untuk komponen lampu utama.

Sebelum Santa Fe model terbaru, penghargaan Top Safety Pick sudah diberikan kepada Kia Sorento, Honda Pilot, Nissan Murano dan Toyota Highlander. Saudara kecil Santa Fe, Santa Fe Sport, juga telah menerima penghargaan tertinggi.

Video tes tabrak

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com