Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Berniat Beli F1?

Kompas.com - 18/07/2016, 07:22 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Sejak tahun lalu Formula 1 (F1) sudah dinyatakan dijual. Bos F1 Bernie Ecclestone menyebut harganya sekitar 7,9 miliar dollar Amerika Serikat terhadap 35 persen kepemilikan saham CVC Capital Partners. Beberapa penawar sudah berdatangan tapi belum pernah sampai tanda tangan, kini datang lagi calon pembeli lainnya, Apple Inc.

Kabar itu datang dari blogger F1 Joe Saward yang menulis Apple sedang menganalisa pembelian F1. Bisa jadi hal ini mustahil, namun melihat usaha besar Apple yang mau masuk ke industri otomotif mungkin saja betul kejadian.

Apple sudah diketahui sedang menjalani program bernama “Project Titan” yang bakal menghasilkan Apple Car berteknologi murni listrik dengan sistem otonomos pada 2019. Selain itu perangkat lunak CarPlay dari Apple juga sudah hadir di industri.

Istimewa Gambaran mobil Apple di masa depan

Analisanya, menjadi pemilik F1 membuat Apple bisa lebih dekat dengan manufaktur premium seperti Ferrari, Williams, dan McLaren. Bukan hanya itu, Apple jadi punya kekuatan politis bicara FIA yang saat ini juga menggelar Formula E.

Masih berlanjut, siaran F1 menyebar ke seluruh dunia. Peluang kerja sama dengan Apple TV jadi masuk akal.

Joe Saward mengatakan belum ada pihak yang menolak ataupun mengonfirmasi tulisannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com