Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Sepeda Motor yang Dicontek Cina

Kompas.com - 08/06/2016, 03:15 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

 

Jakarta, KompasOtomotif – Nama China di dunia industri otomotif, terkenal sebagai negara penghasil produsen mobil imitasi, dari hasil plagiat beberapa model mobil Eropa. Baru-baru ini saja Jaguar Land Rover baru saja menuntut salah satu merek mobil Jiangling, yang meniru produknya.

Ternyata, bukan hanya mobil yang yang dijiplak China, tetapi juga kendaraan roda dua. Seperti dikutip Indianautosblog, Selasa (7/6/2016) setidaknya ada tujuh model sepeda motor yang berhasil ditiru.

1. Bajaj Pulsar vs Gulsar

Perkenalkan Gulsar, tiruan Bajaj Pulsar dari Cina, yang bukan hanya dipasarkan di pasar domestik, tetapi juga diekspor ke pasar Amerika Latin. Taian Chiran Machinery Company Ltd merupakan perusahaan yang memproduksi sepeda motor ini.

Namun dari beberapa kabar, Bajaj Auto (produsen Bajaj Pulsar) telah memenangkan pertempuran di meja hijau, terkait hak kekayaan intelektual, dengan perusahaan tersebut.

2. Yayama R6 vs Yamaha R6

 

Indianautosblog.com Yayama R6.

Mungkin akan jadi sebuah lelucon, jika kita benar-benar melihat sepeda motor ini di jalanan Indonesia, apalagi dengan mereknya “Yayama R6”. Produk ini merupakan sepeda motor tiruan Yamaha R6 dari China. Jika Yamaha R6 punya mesin 600cc, sementara Yayama R6 hanya 150cc.

3. C8 Tomahawk vs KTM Duke

 

Indianautosblog.com C8 Tomahawk.

Zhejiang JiaJue Motorcycle, perusahaan sepeda motor berbasis di China ini, melakukan tiruan desain terhadap KTM Duke, dengan nama C8 Tomahawk. Menurut sebuah laporan, C8 Tomahawk tersedia dalam tiga varian, 150 cc, 250 cc dan 300 cc.

 4. Kengo R350 vs Kawasaki Ninja 300

Indianautosblog.com Kengo R350.

Sepeda motor Kengo R350 ini, bermesin 320,7 cc DOHC dua silinder, di mana bisa memuntahkan 23,5 tk . Produk peniru Kawasaki Ninja 300 ini, harganya hampir tiga perempat lebih murah. Selain pasar China, Kengo juga terlihat beredar di wilayah Vietnam dan Thailand.

5. ZJMM R12 vs Honda CBR 250R

Indianautosblog.com ZJMM R12


Zhejiang JiaJue Motor Manufacturing membuat produk sepeda motor dengan nama R12. Seperti pada gambar, R12 memiliki rupa yang mirip dengan Honda CBR250R. Sepeda motor tiruan dari China ini, menawarkan mesin 125 cc dan 250 cc.

6. Wonjan WJ300 Space Ranger vs Ducati Panigale

Indianautosblog.com Wonjan WJ300 Space Ranger.


Jika dana yang ada tidak mencukupi untuk membeli Ducati Panigale sungguhan, mungkin produk hasil buatan China ini bisa jadi pilihan, Wonjan WJ300 Space Ranger. Produk ini menjanjikan tampilan mirip Panigale. WJ300 ditawarkan dengan model fairing dan semi-fairing, serta didukung oleh mesin 300cc.

7. Wonjan WJ150 vs Honda Grom

China Wonjan WJ150.

Imitasi Honda Grom ini, diproduksi di perusahaan yang sama dengan Ducati Panigale imitasi. Namun untuk yang satu ini, Wonjan WJ150 punya mesin 150cc, atau lebih besar dari aslinya (Honda Grom) yang hanya berkapasitas 125cc.

 

Indianautosblog

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com