Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hukuman Iannone karena Seruduk Lorenzo

Kompas.com - 06/06/2016, 04:02 WIB
Aditya Maulana

Penulis

Catalunya, KompasOtomotif – Pebalap tim Ducati, Andrea Iannone menabrak Jorge Lorenzo di lap 17 GP Catalunya, Spanyol, Minggu (5/6/2016). Alhasil, rider berjuluk The Maniac itu diputuskan bersalah dan mendapatkan hukuman, yaitu start paling belakang di GP Assen yang akan berlangsung 26 Juni 2016.

Mengutip laman motorsport, Senin (6/6/2016) Race Direction, mengatakan, sebelumnya pebalap 26 tahun itu sudah dikenakan penalti tiga poin saat tabrakan dengan rekan setimnya Andrea Dovizioso di GP Argentina, (3/4/2016). Sehingga, usai menabrak Lorenzo, balapan seri selanjutnya ia harus memulai dari belakang.

Baca juga: Lorenzo Sudah Jatuh Tertimpa Tangga

Seperti dikutip situs FIM mengenai regulasi penalti poin, dalam MotoGP diterapkan sistem penalti poin, bukan pengurangan poin. Setiap pebalap mendapatkan penalti poin atas setiap aksinya yang dinilai melanggar aturan.

Baca juga: Rossi "Menggila" di GP Spanyol, Lorenzo Tabrakan

Terdapat tingkatan satu hingga 10 poin yang bersifat akumulatif. Jika sudah mengumpulkan empat poin, maka pebalap akan dihukum start dari posisi paling belakang pada seri berikutnya.

Hukuman ini mengacu pada Article 3.2.1 FIM Road Racing World Championship Grand Prix Disciplinary and Arbitration Code. Penalti poin tersebut juga tidak ada sangkut pautnya dengan jumlah poin pada klasemen MotoGP.

Iannone memang kerap dianggap terlalu ceroboh saat balapan. Buat musim 2016 ini pebalap berkebangsaat Italia itu sudah tiga kali gagal finish, dari tujuh kali balapan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com