Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nissan Navara Tak Pernah Kehabisan Napas

Kompas.com - 02/05/2016, 10:46 WIB
Sri Anindiati Nursastri

Penulis

Sembalun, KompasOtomotif – Rombongan ekspedisi 'Jelajah Tanpa Batas' Nissan All New Navara kembali melanjutkan perjalanan menaklukkan 50 gunung dalam 40 hari. Setelah berhasil menaklukkan Tambora dan Rinjani, kini rombongan bertolak dari Lombok ke Bali.

Rombongan berangkat dari Desa Sembalun, kaki Gunung Rinjani, Nusa Tenggara Barat, pukul 07.30 WITA. Menempuh perjalanan 105 Km, Nissan Navara dan X-Trail yang jadi pengawal ekspedisi disuguhi jalanan berkontur cukup ekstrem. Tanjakan, turunan curam, serta kelokan tajam jadi menu utama, meskipun aspal yang dilalui relatif mulus, menyusuri punggungan bukit.

Kemampuan Four-Wheel Drive (4WD) milik generasi terbaru Navara sebenarnya mumpuni untuk menaklukkan berbagai karakter jalan, mulai dari aspal hingga medan berat off-road. Apalagi memilih sistem part time 4WD sangat mudah, yang terbagi dalam tiga mode, 2WD, 4H, dan 4LO. Cukup memutar saklar yang terletak dasbor, tepatnya di bawah panel AC.

Untuk perjalanan kali ini, Navara memilih mode 4L untuk melibas tanjakan curam. Berbekal mesin YD25DDTI diesel 2.5L commonrail turbo intercooler, tenaga 160 tk, dan torsi 450 Nm yang ditawarkan seakan ”tak pernah kehabisan napas”.

KOMPAS.com / GARRY ANDREW LOTULUNG Mobil Nissan Navara saat menuju Kawah Wurung, Banyuwangi, Jawa Timur, Kamis (5/5/2016).
Tujuan tim menuju Pelabuhan Lembar, Kabupaten Lombok Barat, untuk menyeberang ke Pelabuhan Padangbai, Kabupaten Karangasem, Bali. Akhirnya, rombongan sampai di Pelabuhan Padangbai, Minggu (1/5/2016) siang, dan bertolak ke pos Kori Agung untuk melakukan pendakian Gunung Agung melalui jalur Pura Besakih.

“Kami naik kapal, berangkat mulai 13.10 WITA. Perjalanan kapal sekitar 4 jam. Tiba di Pelabuhan Padang Bai sekitar pukul 17.00 WITA,” ucap wartawan Kompas.com yang mengikuti tim Navara “Jelajah Tanpa Batas”, Sri Anindiati Nursastri, Senin (2/5/2016).

Menuju base camp di kaki Gunung Agung: Pura Pasar Agung dari Padang Bai menempuh 27 Km, dengan kondisi jalan bersahabat. Waktu tempuh yang dibutuhkan sekitar 2 jam, meskipun begitu mendekati Puncak Pasar Agung, ada juga tanjakan curam, sampai kemiringan 30-45 derajat.

Saat ini, tim lagi berkemah di Pura Pasar Agung, sedangkan Willem Sigar Tasiam (58) sudah mendaki sejak dini hari. Setelah Gunung Agung, rombongan langsung menuju Gunung Batur, yang rencananya akan didaki hari ini juga.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com