Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Esemka Punya Pilihan MPV dan SUV

Kompas.com - 02/05/2016, 08:01 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Keseriusan AM Hendropriyono pemilik PT Adiperkasa Citra Lestari (ACL), menggandeng PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK), untuk mengangkat mobil “Esemka” bermain pada tingkat nasional, bukan hal yang main-main.

Produk dalam negeri tersebut, sudah lulus tahap uji tipe kendaraan bermotor yang dilakukan di Kementerian Perhubungan, dan berlanjut ke Kementerian Perindustrian. Dari lima kendaraan yang lulus uji tipe, Esemka punya model mobil yang populer di tanah air, yaitu multi purpose vehicle (MPV) dan sport utility verhicle (SUV).

“Saya dengar dari pihak PT Adiperkasa Citra Esemka Hero (ACEH), Bapak Hosea Sanjaya, akan ada MPV maupun SUV. Namun tetap pastikan dan tanyakan kembali kepada beliau,” ujar Yan Sibarang Tandiele, Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi dan Alat Pertahanan Kemenperin kepada KompasOtomotif, Minggu (1/5/2016).

Yan melanjutkan, permohonan di Kemenperin baru terkait NIK (Nomor Identifikasi Kendaraan Bermotor). Sementara informasi lebih rinci mengenai model apa yang akan dirakit, baru dipastikan setelah didaftarkan tipenya.

Ghulam/KompasOtomotif Jalan masuk menuju pabrik mobil Esemka.

Mendapat arahan dari pihak Kemenperin, KompasOtomotif segera mengkonfirmasi kepada pihak PT ACEH. Saat dihubungi, Hosea Sanjaya belum bisa memberikan informasi. Namun, dirinya berjanji dalam waktu dekat akan bisa memberikan jawaban.

Hosea Sanjaya sendiri merupakan Presiden Direktur Geely Indonesia, yang sebelumnya pernah dikabarkan ikut andil dalam proyek mobil Esemka. Dari hasil investigasi KompasOtomotif, selain di Boyolali, Jawa Tengah, Esemka juga memiliki pabrik di daerah Cileungsi, Bogor, persis ada di belakang pabrik Geely.

Jika perizinan sudah berhasil diterima, PT Adiperkasa Citra Esemka Hero (ACEH), sebagai usaha gabungan SMK dan ACL, bisa mulai memproduksi secara masal. Dengan klaim berstatus mobil nasional, Esemka akan menantang pemain lama merek Jepang, Amerika, Korea, atau benua Eropa  yang sudah lama menjajah pasar otomotif negeri ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com