Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemenperin Belum Dapat Laporan Soal Pabrik Esemka di Boyolali

Kompas.com - 09/04/2016, 13:35 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Rencana pendirian pabrik perakitan Esemka seluas 13 hektar di Boyolali, Jawa Tengah, mulai terendus sejak bulan lalu. Nantinya, “dapur” ini bakal melahirkan mobil nasional yang digagas Presiden Indonesia Joko Widodo.

Tahap Esemka menjadi industri perakitan dikerjakan oleh PT Adiperkasa Citra Lestari setelah bekerja sama dengan pihak pengembang mobil Esemka PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK). Namun gerakan itu kesannya diam-diam, bahkan mungkin karena peran media rencana pasti pendirian pabrik Esemka terkuak lebih cepat.

Meski sudah banyak informasi yang terkuak, ternyata Menteri Perindustrian Saleh Husin belum mendapat laporan soal pabrik Esemka. Ketika ditemui wartawan saat mengunjungi Indonesia International Motor Show di JiExpo Kemayoran, Jakarta, Jumat (9/4/2016), Husin mengatakan, baru mengetahuinya dari media.

Ditanya soal pengajuan produksi, Husin pun menjawab “belum”. “Mungkin masih di BKPM (Badan Koordinasi Penanaman Modal, kalau ke perindustrian belum,” ujar Husin.

Pembangungan pabrik Esemka di Boyolali telah dimulai sejak Januari 2016. Saat dikunjungi langsung oleh KompasOtomotif pada Maret lalu pengerjaannya masih meratakan dan pengurukan bidang tanah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com