Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bos Esemka Sudah Tinjau Pabrik Kedua Esemka di Bogor

Kompas.com - 22/03/2016, 10:42 WIB
Ghulam Muhammad Nayazri

Penulis


Cileungsi, KompasOtomotif –
PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK/Esemka) dan PT Adiperkasa Citra Lestari, produsen mobil nasional (Mobnas) ternyata juga memiliki pabrik di Cileungsi Bogor, selain yang ada di Boyolali, Jawa Tengah. Lokasinya tepat berada di belakang gudang mobil bermerek China, Geely.

Menurut penuturan Sekertaris Desa Situsari, Dahlan, memang diakui kalau Esemka akan melakukan kegiatan operasinya di sana. Namun, saat ini masih dalam tahap pembangunan pabrik saja. Pemasangan papan nama pabrik juga baru dilakukan sejak Januari 2016.

“Menurut informasi yang saya dapat, total tanah yang sedang dalam pembangunan itu sekitar 25 hektar lebih. Namun, terkait dengan izin mendirikan Bangunan (IMB), tidak masuk ke desa kami, tapi ke wilayah Bojong. Kami hanya kebagian depannya saja (papan nama pabrik dan gudang Geely),” ujar Dahlan kepada KompasOtomotif saat ditemui di Kantor Kecamatan Cileungsi, Rabu (16/3/2016).

Hendropriyono

Kemudian, sumber lain KompasOtmotif yang juga merupakan salah satu pegawai pemerintahan desa setempat mengatakan, kalau Presiden Direktur  PT Adiperkasa Citra Lestari (ACL) Abdullah Mahmud Hendropriyono pernah berkunjung ke lokasi. Kunjungan dilakukan untuk meninjau lokasi yang akan dibangun pabrik komponen Esemak.

Kedatangan Hendropriyono menyita perhatian warga setempat, karena dengan iring-iringan pengawalan.

“Iya kalau tidak salah sudah dua kali beliau datang ke sini, saya juga ikut mendampingi. Bapak Hendropriyono datang juga bersama anaknya,” ujar sumber.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com