Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Iritnya Konsumsi BBM Honda BR-V Diesel

Kompas.com - 29/04/2016, 07:21 WIB
Aditya Maulana

Penulis

New Delhi, KompasOtomotif – Honda BR-V mulai dijual di pasar domestik India, 5 Mei 2016. Menariknya, crossover tujuh penumpang itu memiliki dua pilihan mesin, yakni bensin 1.5-liter i-VTEC dan 1.5-liter diesel i-DTEC yang bersumber dari model Honda City.

Diberitakan laman Indianautosblog, Jumat (29/4/2016), mesin bensinnya diklaim memiliki tenaga 119 ps dan torsi 145 Nm dan berpadu padan dengan transmisi manual 6-percepatan dan Continous Variable Transmission (CVT). Konsumsi bahan bakar minyak (BBM)-nya bisa mencapai 15,4 kpl hingga 16 kpl.

Sedangkan, varian diesel punya tenaga 100 ps dan torsi 200 Nm. Namun, konsumsi BBM-nya cukup luar biasa, yaitu mencapai 21,9 kpl. Hasil tersebut berdasarkan pengujian internal yang dilakukan Honda di India.

Sebelummnya, Honda sudah lebih dulu meluncurkan BR-V diesel di Thailand. Namun, berapa angka rata-rata BBM-nya tidak disebutkan. Di Negeri Gajah Putih itu, crossover itudiproduksi secara lokal di pabrik Honda yang berada di Ayutthaya, Thailand.

Secara tampilan, BR-V yang dijual di Indonesia, Thailand dan India tidak ada perbedaan yang signifikan, kecuali mesin. Desain eksterior serta interiornya dibuat sama, tetapi ada beberapa pembeda, seperti dalam hal aksesori dan bagian luar lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com