Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Giliran Fiat-Chrysler Incar Toyota, VW, dan Ford

Kompas.com - 20/04/2016, 11:29 WIB
Aditya Maulana

Penulis

Amsterdam, KompasOtomotif –Upaya Fiat Chrysler Automobiles (FCA) merger dengan General Motors (GM) menemui jalan buntu. Setelah ditolak produsen asal Amerika Serikat (AS) itu, kini opsi lain muncul ke prinsipal lain, yakni Toyota, Volkswagen (VW), atau Ford.

Dilansir laman Reuters, Rabu (20/4/2016) Chief Executive Officer FCA Sergio Marchionne, mengatakan, melakukan kerjasama dengan pabrikan besar itu tujuan untuk menyeimbangkan biaya pengembangan kendaraan dengan teknologi maju.

“Meskipun sempat ditolak GM, tetapi pintu tidak akan pernah tertutup,” kata Marchionne di sela-sela pertemuan pemegang saham di Amsterdam akhir pekan lalu.

Selain itu, sebenarnya ada satu perusahaan lagi yang diincar oleh FCA, yakni pabrikan asal Korea Selatan, Hyundai Motor Co. Namun Marchionne pesimistis Hyundai berkenan untuk melakukan merger, sebab memiliki saham hampir 34 persen di Kia Motors Corporation.

Hal terburuk, kata Marchionne, jika tidak ada pabrikan yang ingin merger maka FCA akan tetap fokus pada rencana awal, yakni mengurus merek Jeep, dan Alfa Romeo. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com