Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Karakter Pembeli Mobil di IIMS 2016

Kompas.com - 12/04/2016, 15:39 WIB
Aditya Maulana

Penulis


Jakarta, KompasOtomotif – Pengunjung gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2016 cukup beragam, mulai dari anak kecil hingga orang dewasa. Tujuannya juga macam-macam, ada yang datang hanya untuk main hingga membeli mobil.

Lantas, selama enam hari berlangsung (7-12 April 2016) bagaimana karakter pengunjung yang niatnya membeli mobil di pameran otomotif tahunan ini?

Jesica, tenaga penjual di booth BMW mengatakan, tidak jauh berbeda dengan pameran di mal, namun cenderung lebih pasti. “Maksudnya kalau yang bertanya berarti sudah niat melakukan pemesanan,” kata Jesica kepada KompasOtomotif, Selasa (12/4/2016).

 Silvi tenaga penjual dari Nissan mengaku, sudah tiga hari tugas di IIMS 2016. Selama itu, pembeli di pagi hingga siang lebih sedikit ketimbang sore sampai ke malam hari.

Ghulam/KompasOtomotif Merasakan kabin penumpang Mercedes-Benz V-Class.
“Kalau aku jaganya itu kan pagi, tidak seramai yang sore sampai malam. Pembeli tetap ada, tapi hanya bertanya-tanya saja. Kalau yang malam, setelah bertanya langsung inden,” kata wanita 28 tahun itu.

Pernyataan lain diutarakan Kiki, tenaga penjual di booth Daihatsu. Menurutnya, selama dua hari ia selalu bertemu dengan konsumen yang hanya bertanya setelah itu membandingkan dengan kompetiror.

“Jadi modelnya itu mereka tanya dulu, setelah kita jelaskan mereka membandingkan dengan kompetitor. Tetapi ada juga yang jadi melakukan pemesanan, tergantung orangnya juga,” kata Kiki.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com