Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 juta Orang Bergantung pada Otomotif Indonesia

Kompas.com - 30/03/2016, 10:02 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Lapangan pekerjaan bidang otomotif membesar seiring semakin banyaknya investasi yang ditanamkan. Kemajuan itu diukur bukan hanya ketika pabrik baru berdiri tapi juga dari elemen lain yang berada di hilir seperti pembukaan diler, bisnis suku cadang, dan jasa layanan konsumen.

Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor (Gaikindo) Johannes Nangoi menerangkan saat ini jumlah pekerja otomotif di dalam negeri mencapai 1,3 juta orang.

“Kalau dikali tiga (Ayah, ibu, dan anak), sekitar 4 juta orang yang hidupnya bergantung dari otomotif,” papar Nangoi saat konferensi pers Gaikindo di Jakarta, Selasa (29/3/2016).

Membuka lapangan kerja hanyalah salah satu dari kontribusi para anggota Gaikindo buat Indonesia. Selain itu, jelas Nangoi, penjualan mobil juga memberikan pemasukan pajak yang besar buat negara sekaligus menghasilkan devisa dari kinerja ekspor.

Skala industri otomotif semakin membesar sejak Indonesia mencapai total penjualan mobil nasional sebanyak 1 juta unit pada 2012. Bila diasumsikan harga satu unit mobil Rp 100 juta berarti nilai keseluruhannya mencapai Rp 100 triliun. Indonesia bertahan menjual 1 juta unit sampai 2015 lalu.

Total kapasitas produksi terpasang di Indonesia mencapai 1,9 juta unit, namun efektivitasnya masih 68 persen atau 1,2 juta unit. Tahun lalu jumlah ekspor Indonesia menyentuh angka sekitar 200.000 unit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com