Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

CEO Volkswagen Group Mengundurkan Diri

Kompas.com - 24/09/2015, 13:04 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Wolfsburg, KompasOtomotif – CEO Volkswagen AG Martin Winterkorn resmi mengundurkan diri dari jabatannya, seperti dilansir Automotive News, Rabu (23/9/2015). Keputusan ini merupakan langkah lanjutan Volkswagen AG setelah sebelumnya Winterkorn mengakui perusahaan melakukan kecurangan dalam uji emisi mobil diesel di Amerika Serikat.

Keterangan resmi Volkswagen AG menyatakan, Executive Committee of the Supervisory Board of Volkswagen AG dalam rapat pada Rabu, (23/9/2015), membahas tentang manipulasi data emisi mesin diesel, menyimpulkan, tidak lagi memperkerjakan Winterkorn. Executive Committee menegaskan Winterkorn tidak mengetahui tentang manipulasi data itu tapi penghargaan diberikan buat pengunduran dirinya sebagai bentuk asumsi tanggungjawab pemimpin.

“Saya sangat terkejut atas kejadian dalam beberapa hari terakhir ini. Di atas itu semua, saya tertegun kesalahan dalam skala seperti ini bisa terjadi pada Volkswagen Group,” kata Winterkorn dalam pernyataan resminya.

Winterkorn mengatakan tindakan ini dilakukan karena kepentingan perusahaan. Ia mengaku tidak mengetahui apa perannya dalam kesalahan perusahaan. “Volkswagen butuh awalan segar – maksudnya juga untuk personel. Saya membuka jalan buat awalan segar itu dengan pengunduran diri,” kata pria yang memimpin Volkswagen AG sejak 2007 itu.

Ia juga mengatakan proses klarifikasi dan transparansi atas manipulasi harus terus dilakukan. Inilah satu-satunya cara memenangkan kembali kepercayaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com