Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Datsun Pilih Jakarta Fair Ketimbang IIMS 2016

Kompas.com - 26/02/2016, 08:23 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Datsun Indonesia lebih memilih ajang Jakarta Fair Kemayoran (JFK) ketimbang gelaran pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) yang di helat di lokasi sama, tapi dengan waktu yang berbeda, di kuartal kedua 2016.

Pihak Datsun menyatakan, kehadiran merek "sekunder" Grup Nissan ini di IIMS tetap terjaga, tetapi bakal diwakili oleh perusahaan diler. Keputusan ini mencerminakan strategi dari Datsun agar tetap eksis di kedua ajang tersebut. Waktu yang saling berdekatan, juga menjadi kendala bagi perusahaan, sehingga prioritas wajib ditentukan.

Tahun ini, IIMS akan dihelat di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Selatan, 7-17 April 2016. Sedangkan, JFK bergulir di lokasi yang sama, 10 Juni-17 Juli 2016.

Indriani Hadiwidjaja, Head of Datsun Indonesia, di Jakarta, Kamis (25/2/2016) mengatakan, keputusan diambil karena strategi pasar sekaligus mengikuti konsep pameran yang dirasa lebih condong mengejar penjualan mobil. Di IIMS 2016, Datsun akan hadir tetap sebagai bagian dari Nissan Motor Indonesia, dengan lokasi stan yang saling berdampingan.

Sebagai penggantinya, Indri menjelaskan Datsun Indonesia bakal lebih fokus ke JFK karena menganggap kemeriahan “pesta rakyat” yang digelar setiap tahun ini dirasa lebih cocok dengan semangat Datsun.

Selain itu, efektivitas penjualan di hasil penjualan JFK setahun sebelumya, cukup tinggi dengan perolehan 400-an unit. Meski begitu Indri menegaskan kehadiran Datsun bukan hanya mencari berapa banyak bisa jual mobil, tapi juga menebar citra merek. Hal itu juga akan dilakukan pada ajang ini.

Momen penting lain yang membuat Jakarta Fair tepat untuk digarap lebih serius karena digelar menjelang Lebaran yakni pada 6 Juli 2016. “Ini lebih pas ke segmennya dan memang ada kebutuhan sebelum Lebaran,” kata Indri.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com