Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kebanggaan Datsun Berjualan di Indonesia

Kompas.com - 15/02/2016, 15:14 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Kebangkitan merek Datsun di Indonesia pada 2013 lalu merupakan wujud nyata maksud Nissan Motor Indonesia (NMI) yang ingin masuk ke pasar tak terjangkau dengan produk-produk Nissan. Bagian strategi global ini ternyata sukses. Sejak tahun pertama Datsun dijual di Indonesia, hasil penjualannya bahkan melebihi total semua produk Nissan.

Penjualan Datsun dimulai pada Mei 2014, selama delapan bulan hingga tutup tahun tercatat laku 20.520 unit. Pada periode yang sama sebenarnya penjualan Datsun sudah melampaui Nissan yang hanya menjual 19.066 unit (total 2014 Nissan 33.287 unit).

Kejadiannya berulang lagi pada 2015, Datsun bertumbuh besar mencapai 29.358 unit, sedangkan Nissan sedang dalam masa sulit karena volumenya turun hingga 25.108 unit. Presiden Direktur NMI Stephanus Ardianto pernah mengatakan, Datsun telah menjadi produk penting buat perusahaan dan akan ditopang lebih menyebar lagi ke habitat penjualannya, di daerah, dengan penambahan diler-diler Nissan-Datsun baru.

Datsun seperti adik kecil yang tumbuh lebih sukses dibanding saudara tertuanya. Performa penjualan merupakan prestasi tersendiri, tetapi Head of Datsun Indonesia Indriani Hadiwidjaja mengingatkan bahwa operasi Datsun dan Nissan harus bersinergi.

“Pasti bangga dong, tapi kami melihat sebagai NMI. Kami enggak mau melihat dari merek. Kata orang roda selau berputar, kan dari sisi perekonomian sekarang masih lebih favorit Datsun. Saya yakin pada saatnya Nissan akan tinggi lagi,” ujar Indri di Jakarta, Jumat (12/2/2016).

Ia juga menjelaskan, secara posisi merek dan produk Nissan dan Datsun berbeda. Artinya, berbeda konsumen dan penempatan citra merek.

Datsun Indonesia sekarang hanya menjual dua model, yaitu MPV 7-penumpang GO+ dan hatchback GO, untuk kelas low cost green car (LCGC), sedangkan Nissan menawarkan setidaknya 10 model. Volume Datsun Indonesia bisa saja makin membengkak karena produk baru sedang dipersiapkan untuk 2016.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com