Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Nissan Perluas Penyebaran Datsun ke Daerah

Kompas.com - 15/02/2016, 12:14 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif – Nissan Motor Indonesia (NMI) secara bertahap mulai membenahi jaringan pemasaran seiring berkembangnya merek Datsun di dalam negeri. Presiden Direktur NMI Stephanus Ardianto, di Jakarta, Jumat (12/2/2016), mengatakan, jumlah diler Nissan-Datsun bakal bertambah 15 unit hingga 2017.

Sebagian besar diler-diler baru akan bertumbuh di daerah agar menunjang penjualan Datsun yang lebih laku di luar kota besar. Komposisi penjualan Datsun saat ini hanya sembilan persen di Jakarta, 23 persen di bodetabek (Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi), sekitar 17 persen di Jawa Timur, 20 persen di Sumatera, dan 4 persen di Kalimantan.

“Alokasi akan bertambah banyak di luar Jawa, ke depan mungkin kami fokus di luar Jabodetabek,” ucap eksekutif yang akrab disapa Steve itu.

Penjualan Datsun yang dimulai dua tahun lalu bersinergi dengan diler Nissan. Saat ini NMI punya 122 diler yang tersebar di seluruh Indonesia.

Penambahan diler baru jadi strategi penting, Steve menyebut beberapa tahun yang lalu penjualan NMI di Jabodetabek mewakili 50 persen, tapi kini terpantau mengecil. Permintaan di luar itu dikatakan yang berkembang pesat.  

“Dari total pasar dari tahun ke tahun makin kecil, jadi pertumbuhannya lebih besar ke luar. Apalagi sekarang Datsun sudah menjadi produk yang paling penting di NMI dan penyebarannya banyak di luar,” kata Steve.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com