Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Strategi Hyundai biar Lebih Kompetitif di Indonesia

Kompas.com - 22/02/2016, 10:49 WIB
Febri Ardani Saragih

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif –Pihak PT  Hyundai Mobil Indonesia (HMI) mengatakan konsumen Indonesia semakin pintar membeli mobil. Jadi, persaingannya bukan semata-mata merek dan model, tetapi berkutat pada masalah harga.

Meskipun, kalau melihat peta penjualan, merek-merek Jepang masih mendominasi. Tahun lalu saja, penjualan merek Jepang mecakup 97,5 persen terhadap seluruh pasar di Indonesia.

HMI sudah menawarkan tujuh model dan akan bertambah dua lagi pada tahun ini. Sebagian besar punya pesaing asal Jepang. Presiden Direktur HMI Mukiat Sutikno menjelaskan, persaingan dengan merek Jepang terbantu karena calon pembeli mobil di Indonesia terbuka dengan merek apapun termasuk yang baru.

“Konsumen Indonesia sekarang ini jauh lebih mengerti tentang mobil. Apalagi dengan banyaknya media dan informasi sudah sangat detail menjelaskan mengenai produk. Konsumen indonesia yang tadinya tidak suka otomotif pun sudah suka membaca dan lebih teredukasi dari segi otomotif,” kata Mukiat, di Jakarta, Kamis (18/2/2016).

HMI yakin bisa kompetitif sebab produk Hyundai di Indonesia punya modal bersaing. Kepercayaan diri HMI yang kuat, membuat merek asal Korea Selatan ini menyiapkan strategi. “Jadi yang paling utama untuk kami saat ini bermain di harga. Sejak Januari – Februari sudah ada perubahan harga,” ungkap Mukiat lagi.

Sebagai salah satu wakil Korea Selatan, HMI telah melalui masa sulit pada dua tahun ke belakang. Tahun ini HMI berharap perlahan bisa membaik sambil membidik penjualan 1.800 – 2.000 unit, naik dari 2015 yang mencapai 1.483 unit.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com