Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toyota Masih Berstatus ”Penguasa” Dunia

Kompas.com - 28/01/2016, 13:48 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Sumber Bloomberg

Tokyo, KompasOtomotif – Toyota Motor Corp. masih menyandang status sebagai produsen mobil paling laris di dunia. Predikat yang kembali digenggam ini berarti diraih empat tahun berturut-turut, sekaligus menjadi perusahaan yang mampu menjual lebih dari 10 juta mobil satu tahun.

Berdasarkan laporan Bloomberg, (27/1/2016), penjualan Toyota termasuk Hino Motors Ltd dan Daihatsu Motor Co, mencapai 10,05 juta unit tahun lalu. Meski cukup besar, namun perolehan itu turun 0,8 persen dibandingkan 2014.

Sementara di posisi kedua, ada Volkswagen dengan 9,9 juta mobil terjual atau juga drop 2 persen. Sedangkan General Motors (GM) Co. menduduki peringkat ketiga dengan penjualan 9,8 juta unit mobil di seluruh dunia, juga turun secacara keseluruhan, tapi tak banyak, hanya 0,2 persen.

Toyota membalikkan keadaan saat Volkswagen sudah memimpin selama enam bulan pertama, sebelum ”dihajar” skandal emisi mesin diesel dan mengalami krisis. Penjualan Volkswagen yang terjun bebas di China juga menjadi penyebab melenggangnya Toyota.

”Hegemoni Toyota mungkin akan tidak terusik untuk beberapa tahun mendatang setelah VW sebagai pesaing utama mengalami kemunduran. Jarak (antara Toyota dan VW) akan semakin besar karena VW butuh waktu untuk membuat semua kembali normal dan melakukan strategi khusus di pasar Amerika serta Eropa,” ujar Zhou Jincheng, analis dari perusahaan riset Fourin Inc.

Untuk membuat menjadi lima tahun berturut-turut, Toyota akan memikirkan bermanuver lebih dahsyat di pasar-pasar yang sedang berkembang. Ada prediksi kalau Toyota akan membeli 51 persen saham sisa dari Daihatsu untuk mengendalikan penuh, terutama mobil mini di Jepang, Indonesia, serta Malaysia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com