Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Harap Menang Kompetisi Kalau Cuma Jualan (Mobil)

Kompas.com - 27/01/2016, 15:09 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Karawang, KompasOtomotif – Mengaca pada menyerahnya Ford dengan kerasnya pasar Indonesia, keseriusan merek Jepang untuk lebih dekat dan ”mendengar” permintaan konsumen patut diapresiasi. Berkat itu, para pemain Jepang yang sudah menancapkan kuku dan berinvestasi dengan nilai sangat besar sangat sulit digeser.

Wakil Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), Warih Andang Tjahjono, mengutarakan bahwa untuk memenangkan kompetisi di pasar mobil nasional, kuncinya adalah kedekatan dengan pasar, tak melulu soal meningkatkan penjualan.

”Industri lokal itu penting secara general, kenapa? Karena dekat dengan market. Jadi harapannya, respons ke pasar lebih cepat. Itu keyword Toyota,” ujar Warih, Selasa (26/1/2016), di sela kunjungan media ke pabrik TMMIN I di Karawang, Jawa Barat.

Lebih jauh lagi, Warih menegaskan bahwa hal itu juga bergantung pada permintaan pasar domestik. Semakin bagus, semakin baik peluang sukses produksi di Indonesia. Namun yang tak kalah penting adalah meningkatkan komponen lokal.

”Itu pun (melokalkan komponen) masih harus melalui tahapan trough localitation, dari hulu sampai hilir diproduksi di Indonesia. Ini PR besar kita agar ongkos produksi lebih baik,” ucap Warih.

Tentu, melakukan ini butuh waktu dan investasi yang tidak main-masin. Butuh komitmen dan keseriusan merek untuk membangun dari nol hingga menuju tahap yang sudah TMMIN  atau Toyota Indonesia lakukan saat ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com